Berambisi Meraih Nobel? Ini Lho Kampus Dunia Pencetak Pemenang Terbanyak

Sabtu, 12 Desember 2020 - 18:40 WIB
loading...
Berambisi Meraih Nobel? Ini Lho Kampus Dunia Pencetak Pemenang Terbanyak
Beberapa perguruan tinggi di dunia ini ternyata menjadi kampus yang alumni paling sering memenangi penghargaan prestisius tersebut. Foto/SINDOnews
A A A
HADIAH Nobel menjadi seremoni penghargaan paling bergengsi di dunia yang diberikan setiap tanggal 10 Desember. Bisa memenangkan Nobel menjadi suatu kebanggaan besar, terutama bagi perguruan tinggi dan juga alumninya. Beberapa perguruan tinggi di dunia ini ternyata menjadi kampus yang alumni paling sering memenangi penghargaan prestisius tersebut. Berikut ini daftar kampus di dunia yang paling banyak memenangi Penghargaan Nobel.

1.Universitas Harvard (Massachusetts, Amerika Serikat/AS)

Berambisi Meraih Nobel? Ini Lho Kampus Dunia Pencetak Pemenang Terbanyak


Jumlah pemenang Nobel : 150 orang
Alumni terkenal peraih Nobel : Theodore Roosevelt, Ralph Bunche, Henry Kissinger, Al Gore, dan Barack Obama

Harvard didirikan pada 1636. Ini adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat dan di antara yang paling bergengsi di dunia. Pemenang Hadiah Nobel alumni universitas ini diperkirakan berjumlah sekitar 150 orang dari beragam profesi (antara lain tokoh politik, penulis, ekonom). Mereka antara lain Theodore Roosevelt, Ralph Bunche, Henry Kissinger, Al Gore dan Barack Obama yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

Juga, beberapa orang dari staf Harvard seperti Martin Karplus yang telah dianugerahi Hadiah Nobel di bidang Kimia, dan penulis J. M. Coetzee yang telah dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra. Universitas Harvard menduduki peringkat No. 4 secara global di antara 500 universitas, menurut majalah CEOWORLD Peringkat Universitas 2020. (Baca: Penemu Virus Hepatitis C Raih Nobel Bidang Kesehatan)

2.Universitas Columbia (New York, AS)

Berambisi Meraih Nobel? Ini Lho Kampus Dunia Pencetak Pemenang Terbanyak


Jumlah pemenang Nobel : 100 orang
Alumni terkenal peraih Nobel : Barack Obama, fisikawan Max Planck dan penulis Gabriela Mistral, Nadine Gordimer, dan Mario Vargas Llosa

Universitas Columbia didirikan pada 1754. Ini adalah institusi pendidikan tinggi tertua di New York. Sejumlah pemimpin dunia, pemenang Oscar, dan Hakim Pengadilan terbaik merupakan alumni kampus ini yang memenangkan Hadiah Nobel . Pemenang Nobel yang merupakan jebolan universitas ini berjumlah sekitar 100 orang. Salah satu lulusan paling terkenal yang dianugerahi Hadiah Nobel adalah mantan Presiden AS Barack Obama, fisikawan Jerman Max Planck dan penulis Gabriela Mistral, Nadine Gordimer, dan Mario Vargas Llosa. Universitas Columbia menduduki peringkat No. 4 secara global di antara 500 universitas menurut majalah CEOWORLD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)