Jangan Sampai Terlewat, Begini Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2021

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:07 WIB
loading...
Jangan Sampai Terlewat, Begini Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2021
Jadwal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dibagikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - SBMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa PTN berbasis tes komputer yang persaingannya demikian ketat. Tidak hanya harus mempersiapkan bekal ilmu untuk tes namun calon mahasiswa juga harus memperhatikan bagaimana alur pendaftaran agar tidak terlewat dari seleksi masuk PTN ini.

Dikutip dari jadwal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dibagikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tahapan pendaftaran SBMPTN 2021 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (Baca juga: Pendaftaran SBMPTN Dimulai Maret 2021 )

Pertama, semua peserta wajib melakukan registrasi akun LTMPT pada 7 Februari-12 Maret. Registrasi harus melampirkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir di laman pendaftaran.

Selanjutnya melakukan pendaftaran melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Peserta baru harus mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata. Pengisian biodata ini dikecualikan bagi yang sudah menjadi peserta SNMPTN 2021.

Tahapan berikutnya adalah SBMPTN memberikan pilihan kepada calon mahasiswa baru untuk memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN. Atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN. (Baca juga: Diaspora Talk IPB University: Cerita Sukses Kuliah di Mancanegara )

Selanjutnya, calon peserta wajib mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan. Termasuk portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

UTBK SBMPTN sendiri akan dilakukan di 74 lokasi UTBK. Pada saat pendaftaran UTBK, calon peserta bisa memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesui ujian untuk mendapatkan slip pembayaran. Slip pembayaran nantinya digunakan untuk membayar biaya pendaftaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam di Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BNI.

LTMPT juga mewajibkan siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2019 dan 2020 wajib membawa ijazah. Sedangkan siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2021 membawa surat keterangan identitas pelajar dari sekolah. Sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan dicap stempel yang sah. (Baca juga: Wamenag: Lulusan PTKI akan Tergilas Zaman Jika Tak Dibekali Skill Ini )

Berikut daftar tanggal-tanggal penting yang harus diingat. Registrasi akun LTMPT dilakukan pada 7 Februari-12 Maret. Lalu pendaftaran UTBK dan SBMPTN dibuka pada 15 Maret-1 April 2021.

Pelaksanaan UTBK akan dilakukan dua gelombang. Gelombang pertama pada 12-18 April dan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei. LTMPT akan mengumumkan hasil seleksi jalur SBMPTN 2021 pada 14 Juni pada pukul 15.00 WIB.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)