Salip 45 Negara, Tim Fisika Indonesia Raih 2 Emas 1 Perunggu pada IdPhO 2020

Kamis, 17 Desember 2020 - 11:44 WIB
loading...
Salip 45 Negara, Tim Fisika Indonesia Raih 2 Emas 1 Perunggu pada IdPhO 2020
Tim fisika Indonesia berhasil memboyong dua medali emas dan satu perunggu pada ajang International distributed Physics Olympiad (IdPhO) 2020 tingkat SMA. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Meski di tengah pandemi Covid-19, peserta didik terus mengharumkan bangsa Indonesia di kancah internasional. Kali ini, tim fisika Indonesia berhasil memboyong dua medali emas dan satu perunggu pada ajang International distributed Physics Olympiad (IdPhO) 2020 tingkat SMA.

(Baca juga : 5 Smartphone Paling Aman di Dunia, Hacker pun Angkat Tangan )

Dua siswa peraih medali emas adalah Peter A. Sadhani dari SMA Aloysius 1 Bandung, Jawa Barat dan Wilson C. Putra dari SMA Sutomo 1 Medan, Sumatera Utara. (Baca juga: Kembangkan Desa, Fahri Hamzah Belajar Inovasi Pertanian ke IPB University )

Pelaksana tugas (plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asep Sukmayadi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh tim fisika Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia pada IdPhO 2020.

(Baca juga : Menikmati Bermain Salju di Fujiten Snow Resort yang Ramah Muslim )

“Selamat kepada seluruh tim yang berhasil membawa medali, di tengah pandemi Covid, kalian tetap kobarkan semangat belajar dan menjadi yang terbaik,” katanya melalui siaran pers, Kamis (17/12).

Selain dua medali emas, tiga peserta lainnya berhasil membawa satu medali perunggu yang diraih oleh Lugas Firdinad Hamdi siswa MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur, dan dua honorable mention (HM) yang diraih oleh Ahmad Arsy dari SMAN 1 Palembang, Sumatera Selatan dan Dean Hartono dari SMAK Penabur Bintaro Jaya. (Baca juga: Maksimalkan Keterserapan Lulusan Vokasi, Kemendikbud Luncurkan 2 Program Ini )

Acara tahunan Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad/IPhO) ke-51 tahun 2020 ini seharusnya digelar di Vilnius, Lithuania pada bulan Juli 2020. Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, pelaksanaan IPhO 2020 ditunda menjadi tahun 2021.

Untuk mengakomodir berbagai upaya persiapan yang telah dilakukan siswa dan pembinanya, dan pemerintah masing-masing negara peserta dalam persiapan IPhO 2020, tim IPhO Rusia berinisiatif menyelenggarakan kompetisi sejenis bernama IdPhO 2020 (International distributed Physics Olympiad).

(Baca juga : iPhone 12 Pro Jadi Model Paling Diminati )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2643 seconds (0.1#10.140)