Ini Daftar Juara Kompetisi Sobat Bumi yang digelar UI-Pertamina

Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:41 WIB
loading...
Ini Daftar Juara Kompetisi Sobat Bumi yang digelar UI-Pertamina
Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris saat mengumumkan para pemenang KSB 2020 kategori Teori Sains. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan PT Pertamina (Persero) mengumumkan para juara Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 Kategori Teori Sains. Para juara pun diharapkan menjadi role model pengembangan sains di Indonesia.

Penentuan pemenang dilakukan berupa presentasi makalah open-ended dari empat bidang ilmu tersebut, pada hari penutupan Seleksi Tingkat Nasional Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 Kategori Teori Sains yang terdiri dari dari empat bidang kategori, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. (Baca juga: Inovasi Mahasiswa UII Ciptakan Alat Penanam Padi 'Eco-Friendly' )

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris menyampaikan apresiasi atas kerjasama UI dan Pertamina yang sudah melangsungkan kompetisi dibidang sains untuk kesepuluh kalinya ini.

"Tema yang sangat baik karena sejalan dengan hakikat peran Pertamina sebagai pengelola sumber daya negara dan tanggung jawab sosial dalam memajukan dunia pendidikan, dan peran UI sebagai pencetak generasi yang inovatif,” katanya melalui siaran pers, Jumat (18/12).

Manager CSR PT Pertamina Persero Dian Hapsari menuturkan, pengumuman para juara KSB 2020 ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian KSB 2020 Kategori Teori Sains. Pengumuman tersebut juga bertepatan dengan hari jadi PT Pertamina (persero) yang ke-63 tahun.

"KSB 2020 merupakan wujud komitmen dan kontribusi kami bagi bangsa melalui dunia pendidikan dan pembangunan SDM unggul yang berkelanjutan,” jelasnya. (Baca juga: Ilmuwan Unpad Ciptakan Mobile Lab Pelacak Covid-19 hingga Pelosok )

Pejabat Dekan FMIPA UI Rokhmatuloh berharap semoga para juara baik di tingkat provinsi maupun nasional dapat menjadi role model dalam pengembangan sains di Indonesia. Dia mengapresiasi antusias dan semangat para peserta untuk berpartisipasi dalam KSB 2020 Kategori Teori Sains meski di tengah situasi pandemi COVID-2019.

Berikut Nama-nama para Pemenang:

Kategori Matematika

Juara 1 : Juan Daniel (Universitas Indonesia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)