Intip Rahasia Kuasai Matematika dari Fisikawan Yohanes Surya

Minggu, 20 Desember 2020 - 06:42 WIB
loading...
Intip Rahasia Kuasai Matematika dari Fisikawan Yohanes Surya
Edukator dan Fisikawan Yohanes Surya saat memberikan materi tentang pembelajaran matematika di seri Webinar Guru Belajar yang digelar Ditjen GTK Kemendikbud. Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Edukator dan Fisikawan Indonesia Yohanes Surya memberi tips bagaimana cara untuk menguasai pelajaran Matematika ini. Selama ini begitu banyak anak-anak takut untuk mempelajari matematika dan fisika di sekolah.

“Rahasianya apa sih untuk menguasai Matematika? Ketika saya melatih anak-anak di Indonesia timur banyak anak-anak ini waktu datang, waktu kami latih, mereka takut sekali terhadap Matematika, mereka begitu takut dan enggan menguasai Matematika,” kata Yohanes seperti dikutip dari laman Ditjen GTK Kemendikbud di gtk.kemdikbud.go.id, Minggu (20/12). (Baca juga: PJJ Membuka Mata Orang Tua, Guru dan Siswa Pentingnya Peran Digitalisasi)

“Jadi rahasianya apa? Ketika saya mencoba, melihat, menganalisa, ini bersama-sama dengan guru-guru dari Indonesia timur, saya menemukan rahasianya ada di berhitung untuk menguasai Matematika. Kita bisa menguasai Matematika, Fisika, Kimia, Sains, kalau kita berhitungnya kuat, itu kuncinya,” sambungnya.

Pencipta metode Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING) ini menuturkan, Berhitung itu terdiri dari Penjumlahan, Perkalian, Pengurangan, Pembagian, Bilangan Bulat, Pecahan dan Desimal.

“Kalau tujuh topik ini dikuasai dengan baik, maka saya jamin anak itu akan hebat di dalam Matematika, dalam Fisika, dalam Sains. Tujuh topik ini, menjadi dasar yang sangat kuat sekali. Begitu anak menguasai berhitung, dampaknya luar biasa sekali,” jelasnya. (Baca juga: Unesco Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia )

Pendiri Asian Physics Olympiad (APhO) menuturkan, mengajar berhitung secara intensif dapat menjadi langkah menuju SDM Indonesia unggul.

“Saya mengajar intensif anak-anak dari beberapa daerah, penjumlahan selesai dalam tiga hari. Kemudian perkalian, itu butuh seminggu sampai dua minggu. Kita bikin Indonesia hebat,” ujarnya yang telah melatih guru di lebih dari 250 kabupaten di Indonesia ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)