Melalui Lagu, Tim Pengmas UI Edukasi Anak-anak tentang Covid-19

Rabu, 23 Desember 2020 - 17:39 WIB
loading...
Melalui Lagu, Tim Pengmas UI Edukasi Anak-anak tentang Covid-19
Tim Pengmas Covidcademy FMIPA UI melakukan edukasi tentang Covid-19 di Desa Sukarame, Pandeglang, Banten. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Tim Pengabdian Masyarakat FMIPA UI melakukan edukasi tentang Covid-19 di Desa Sukarame, Pandeglang, Banten. Edukasi juga dilakukan ke anak-anak melalui lagu sehingga informasinya lebih cepat terserap.

Tim terdiri dari Ketua Pengmas, Dosen FMIPA UI Retno Lestari dan 5 mahasiswa UI menggelar Covidcademy. 30 peserta yang merupakan masyarakat pesisir dari usia anak-anak hingga dewasa mengikuti Covidcademy yang merupakan program pengembangan sentra pembelajaran, literasi, dan infografis Covid-19. (Baca juga: Ini Inovasi 2.389 Mahasiswa yang Diterjunkan di 686 SD Daerah Terpencil )

Menurut Retno, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat mengenal Covid-19. Menurutnya, penting bagi semua kalangan, usia tua hingga anak-anak untuk bisa mengetahui tindakan preventif, gejala, dan cara yang tepat ketika menghadapi Covid-19.

“Edukasi tentang Covid-19 harus bisa sampai pada kalangan masyarakat. Dari apa itu virus corona, cara mencegahnya, serta bagaimana gejala penderita. Semua kalangan masyarakat, usia produktif, lansia, hingga anak-anak penting untuk mengetahui,” katanya melalui siaran pers, Selasa (22/12).

Tim juga mewawancarai beberapa anak-anak mengenai Covidcademy. Mereka memaparkan bahwa kegiatan ini menyenangkan karena dapat mengetahui langkah-langkah pencegahan virus corona yang dinyanyikan lewat lagu, contohnya lagu mencuci tangan dengan baik dan benar. (Baca juga: Alumnus IPB University Raih 22 Most Influential Muslims Scientist )

Salah satu peserta Covidcademy Aida menuturkan keseruannya akan edukasi yang dia ikuti. Dia mengaku bisa belajar cuci tangan yang baik dan benar untuk mencegah penularan korona.

“Keseruan lainnya didapat dengan cara belajar yang mudah diingat, yaitu dengan lagu. Kemudian, yang tidak kalah menyenangkan kami mendapat hadiah jika bisa menjawab pertanyaan,” kata Aida.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3755 seconds (0.1#10.140)