Ini Syarat Siswa yang Bisa Ikut SNMPTN 2021, Cek Disini

Senin, 28 Desember 2020 - 22:51 WIB
loading...
Ini Syarat Siswa yang Bisa Ikut SNMPTN 2021, Cek Disini
Para calon mahasiswa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penerimaan mahasiswa baru di kampus negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) akan kembali dibuka. Simak apa saja persyaratan siswa yang dapat mendaftar di jalur ini.

Berdasarkan paparan yang diberikan LTMPT , SNMPTN adalah salah satu dari tiga jalur penerimaan pertama mahasiswa setelah Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. Kuota SNMPTN adalah minimum 20%, SBMPTN minimum kuota 40% dan Seleksi Mandiri kuotanya maksimum 30%. (Baca juga: Ini Link untuk Cek Kuota Siswa Peserta SNMPTN 2021 )

Penerimaan mahasiswa di SNMPTN ialah berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Kalau SBMPTN berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Sedangkan seleksi mandiri dapat menggunakan hasil UTBK.

Berikut ini adalah persyaratan peserta yang bisa mendaftar SNMPTN. Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul. Siswa harus memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Selanjutnya siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selain itu juga dipastikan para siswa untuk memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan lima yang telah diisikan di PDSS. (Baca juga: Hari Ini Kuota Siswa untuk SNMPTN 2021 Diumumkan )

Persyaratan tambahan yang juga penting adalah peserta SNMPTN yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Disisi lain, LTMPT menyebutkan bawa setiap siswa dapat memilih dua program studi dari 1 PTN atau 2 PTN. Jika memilih 2 prodi maka salah satunya harus sesuai dengan provinsi sekolah asal.

Catat tanggal-tanggal penting untuk proses pendaftaran SNMPTN ini. Pada 28 Desember ini adalah pengumuman kuota siswa yang eligible untuk bisa mendaftar SNMPTN. Layanan masa sanggah pengumuman kuota siswa yang eligible ini dilakukan sampai 15 Januari. Lalu 4 Januari adalah peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021 oleh LTMPT. (Baca juga: Ini Batas Waktu Masa Sanggah Kuota untuk SNMPTN 2021 oleh Sekolah )

Selanjutnya, 4 Januari-1 Februari adalah registrasi akun LTMPT. 4 Januari-8 Februari penetapan siswa yang eligible oleh sekolah. 11 Januari-8 Februari adalah masa pengisian PDSS. 15-24 Februari pendaftaran SNMPTN. Lalu pada 22 Maret adalah pengumuman hasil SNMPTN.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)