Berbagi Inspirasi, Kemendikbud Kumpulkan 868 Siswa-Mahasiswa Berprestasi

Selasa, 29 Desember 2020 - 09:31 WIB
loading...
Berbagi Inspirasi, Kemendikbud Kumpulkan 868 Siswa-Mahasiswa Berprestasi
Sekjen Kemendikbud Ainun Naim saat membuka acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 secara daring. Foto/Humas Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Kemendikbud menggelar acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 . Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada siswa dan mahasiswa yang meraih juara pertama dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud selama 2020.

Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im mengatakan, kompetisi merupakan wadah yang dapat mendorong para peserta didik baik siswa maupun mahasiswa untuk lebih berprestasi meningkatkan kemampuan diri untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia. (Baca juga: Tim Pelajar Indonesia Raih Emas di Kompetisi Robot Dunia )

Menurutnya, kesempatan untuk menjadi juara pada sebuah ajang kompetisi, harus dijadikan awal untuk mengembangkan diri dan tidak cepat puas dengan prestasi yang telah diraih.

"Selamat kepada adik-adik semua atas prestasi yang telah dicapai. Semoga tetap semangat dalam belajar, membangun diri, mengembangkan diri, dan berkontribusi lebih besar untuk pembangunan bangsa dan negara Indonesia," katanya saat membuka acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 secara daring melalui siaran pers, Senin (28/12).

Ainun juga mengapresiasi para guru, dosen pembimbing, dan orang tua serta keluarga siswa/mahasiswa yang telah mendampingi dan memotivasi putra dan putrinya mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud secara baik dan jujur. (Baca juga: Persaingan Ketat, Ini Harapan Menristek untuk Kampus di Indonesia )

Ainun berharap para peserta yang mengikuti acara ini dapat berpartipasi aktif dengan para narasumber yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya. "Ada berbagai tokoh nasional yang akan memberikan inspirasi, membagikan pengalamannya kepada adik-adik semua," pesan Ainun.

Plt Kepala Puspresnas Kemendikbud Asep Sukmayadi menyatakan rasa bangganya terhadap para peserta didik berprestasi yang berhasil menjadi juara tahun ini. Menurutnya, dari total 121.745 peserta dalam berbagai kompetisi yang dilaksanakan Puspresnas selama tahun 2020 peserta didik berprestasi yang berkumpul hari ini sebanyak 868 siswa/mahasiswa.

Tujuan kegiatan Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 adalah mempertemukan peserta didik berprestasi dalam ruang silaturahmi virtual. Selain itu untuk memperluas wawasan kebangsaan, berbagi inspirasi, idealisme, dan gagasan.

"Juga untuk membangun jejaring talenta nasional, menyatukan semangat dan tekad sebagai generasi emas pelajar Pancasila," lanjut Asep.

Di tengah pandemi Covid-19 Kemendikbud melalui Puspresnas tetap menyelenggarakan berbagai kompetisi, lomba, dan festival bagi peserta didik tingkat nasional. Total kompetisi yang dilaksanakan berjumlah 52 ajang, yang diikuti sebanyak 121.745 peserta.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8123 seconds (0.1#10.140)