15 PTKI Raih Anugerah Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag 2020

Rabu, 30 Desember 2020 - 20:53 WIB
loading...
15 PTKI Raih Anugerah Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag 2020
Kementerian Agama melalui Ditjen Pendis menggelar Penganugerahan Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) 2020. Foto/Dok/Humas Kemenag
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menggelar Penganugerahan Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) 2020. Ajang ini merupakan upaya rekognisi bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang telah berkiprah luar biasa dalam pengembangan pendidikan.

Terdapat 15 kategori anugerah yang diberikan dalam ajang ini, antara lain: PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak, PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI dengan Profesor Terbanyak, PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak, dan PTKI dengan BLU Terbaik. (Baca juga: Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ingin Bersaing dengan Umum, Ini Syaratnya )

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap melalui penghargaan ini dapat memacu PTKI untuk terus menerus melakukan perbaikan, mulai dari peningkatan mutu akademik, daya saing, tata kelola, hingga bidang kemahasiswaan. “Pimpinan PTKI harus berusaha menjadi perguruan tinggi yang terbaik (the best). Kalau belum bisa, maka berusahalah menjadi yang pertama (the first), atau setidaknya menjadi yang berbeda (the difference),” pesan Menag saat Penganugerahan Adiktis 2020, di Jakarta, Rabu (30/12).

Menag menyampaikan, bahwa PTKI saat ini menghadapi beberapa tantangan, di antaranya revolusi industri 4.0 dengan basis peluang bonus demografi Indonesia dengan berbagai dinamikanya. Gus Yaqut, begitu ia biasa disapa, pun meminta dalam rangka menyambut dan menyongsong Indonesia Emas 2045, semua PTKI harus menyiapkan SDM yang berkualitas dengan paradigma mutu, penguatan karakter dan wawasan kebangsaan.

“Kementerian Agama harus terus meningkatkan akses yang diikuti dengan peningkatan mutu dan daya saing serta tata kelola pendidikan yang baik. Termasuk di dalamnya PTKI sebagai wajah Indonesia dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” papar Gus Yaqut. (Baca juga: Persaingan Ketat, Ini Harapan Menristek untuk Kampus di Indonesia )

Karenanya, ia pun menyambut gembira gelaran Penganugerahan Adiktis 2020, yang digelar bersamaan dengan penutupan Diklatpimnas 2020. “Saya gembira mendengar ada 15 kategori PTKI yang menjadi yang terbaik, yang terbanyak, yang tertinggi dan ter-ter lainnya, dalam ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) tahun 2020 ini,” kata Gus Yaqut.

Senada dengan Menag, Dirjen Pendis M. Ali Ramdhani berharap akan ada warna baru dalam pelayanan PTKI ke depan. Utamanya dalam menyajikan pelayan terbaik terhadap dunia pendidikan, dalam membangun pola keberagaman yang paling baik.“PTKI harus mampu mengolah dan mengokohkan kehidupan keagamaan dan penajaman ilmu pengetahuan,” kata Ali Ramdhani.

Ali Ramdhani juga menyampaikan bahwa torehan prestasi PTKI menjadi amanah kedua dari Menteri Agama terkait Moderasi Beragama. Ia pun berharap, seluruh civitas akademika PTKI dapat menjadi contoh wajah Islam rahmatan lil ‘alamin dan wajah ramah yang menjadi potret Indonesia.

Adapun penerima Anugerah Adiktis 2020, sebagai berikut:

1. Kategori BLU Terbaik diraih oleh UIN Sunan Kalijaga.
2. Ketegori PTKI Pelaporan PD Dikti Terbaik, diraih oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
3. Kategori PTKI Skor Green Kampus Tertinggi, diraih oleh UIN Raden Intan Lampung.
4. Kategori PTKI Tatakelola SBSN Terbaik lima tahun terakhir, diraih oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
5. Kategori PTKIS dengan inovasi layanan Rintisan Smart/Digital Kampus, diraih oleh IAI Bunga Bangsa Cirebon.
6. Kategori PTKI dengan predikat WBK, diraih oleh IAIN Salatiga.
7. Kategori PTKI dengan Perpustakaan berjenjang Internasional, diraih oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
8. Kategori PTKI dengan persentase Akreditasi Prodi A/Unggul terbanyak, diraih oleh UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
9. Kategori PTKI Prodi bersertifikat AUN-QA terbanyak, diraih oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
10. Kategori PTKI dengan Profesor terbanyak, diraih oleh UIN Syarif Hidyatullah Jakarta.
11. Kategori PTKI dengan mahasiswa asing terbanyak, diraih oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
12. Kategori PTKI mahasiswa berprestasi internasional terbanyak, diraih oleh UIN Walisongo Semarang.
13. Kategori PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intekrual (HaKI) terbanyak, diraih oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
14. Kategori PTKI Jurnal bereputasi terbanyak, diraih oleh UIN Syarif Hidyatullah Jakarta.
15. Kategori PTKI dengan rintisan service learning dalam pengabdian kepada Masyarakat yang inovatif, diraih oleh UIN Alauddin Makassar.

Hadir para Rektor PTKIN dan beberapa ketua PTKIS se Indonesia, serta perwakilan mahasiswa PTKIN, PTKIS se Indonesia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4272 seconds (0.1#10.140)