Siap-siap Daftar, SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Resmi Diluncurkan

Senin, 04 Januari 2021 - 12:03 WIB
loading...
Siap-siap Daftar, SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Resmi Diluncurkan
Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam pada peluncuran SNMPTN dan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021. Foto/SINDOnews/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN ) 2021 resmi diluncurkan hari ini, Senin (4/1/2021).

Peluncuran ini dihadiri oleh Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam, Plt Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nasih, Wakil Ketua LTMPT Samsul Rizal, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi P Widyobroto dan perwakilan dari Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). (Baca juga: Sekolah Diminta Siapkan Data Siswa untuk Pendaftaran SNMPTN )

Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam mengapresiasi jajaran LTMPT yang selama tahun 2020 lalu telah menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan baik. Pelaksanaan tahun lalu, ujar Dirjen Nizam, meski dilakukan di tengah masa pandemic namun berjalan dengan protocol kesehatan yang luar biasa.

Guru besar fakultas Tehnik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini pun berharap, praktik baik yang sudah dilakukan pada penerimaan mahasiswa baru tahun lalu bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini.

“Kita jaga bersama dan menunjukkan bahwa kalau kita ikuti protokol dengan baik. Maka Insya Allah kita bisa menjaga dari penularan pandemic ini. Ini yang perlu kita budayakan, kita lakukan terus ke depannya,” katanya pada peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 secara daring, Senin (4/1). (Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Penting Tahapan SNMPTN 2021 )

Nizam berharap, semua pihak harus bisa beradaptasi sedari awal untuk kelancaran proses penerimaan mahasiswa baru ini mengingat masa pandemic yang masih berlangsung. Nizam pun berharap, jika ada perbaikan-perbaikan dalam proses penerimaan mahasiswa baru ini bisa dilakukan dari sekarang.

“Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri tahun 2021, kita menyatakan dimulai. Dimulai saat ini dan mudah-mudahan kita semua dimudahkan dalam menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi tersebut dan seluruh anak-anak kita,” ucapnya.

Mantan Kapuspendik Kemendikbud inipun berharap, seluruh mahasiswa atau calon mahasiswa baru akan bisa terlayani dengan baik. Selain itu juga dia berharap, mereka akan mendapatkan program studi yang memang sesuai dengan potensi, kemampuan dan kecakapan mereka.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)