Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 Semakin Terintegrasi

Senin, 04 Januari 2021 - 15:38 WIB
loading...
Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 Semakin Terintegrasi
Ketua LTMPT Mohammad Nasih pada peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 secara daring, Senin (4/1). Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melakukan penyempurnaan sehingga penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 semakin terintegrasi. Di antaranya bergabungnya penerimaan mahasiswa baru di politehnik dan integrasi data siswa yang berhak mendaftar SNMPTN .

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, ada penyempurnaan yang dilakukan pada penerimaan mahasiswa baru di PTN pada 2021 ini. "Ada satu hal penyempurnaan yang menurut saya penting pada pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN pada tahun ini. Khususnya yang berkaitan dengan soal integrasi," katanya pada peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 secara daring, Senin (4/1). (Baca juga: Siap-siap Daftar, SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Resmi Diluncurkan )

Rektor Universitas Negeri Airlangga ini menuturkan, integrasi yang sudah dilakukan ini dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Pertama, dia menjelaskan, terintegrasinya penerimaan mahasiswa baru di politehnik jenjang Diploma 4 pada SNMPTN dan SBMPTN. "Ini kita katakan sebagai integrasi horizontal karena melibatkan perguruan tinggi dibidang yang lain," jelasnya.

Dia menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru kini semakin lengkap karena Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pun sudah bergabung sejak dulu. Nasih melanjutkan, integrasi lainnya adalah data siswa yang berhak mendaftar SNMPTN kini sepenuhnnya menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama.

Sebelumnya diberitakan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021 resmi diluncurkan hari ini Senin (4/1). Pelaksanaan tahun 2021 diawali dengan Registrasi Akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 4 Januari-1 Februari. (Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Penting Tahapan SNMPTN 2021 )

Penetapan siswa yang eligible oleh Sekolah 4 Januari-8 Februari. Pengisian PDSS 11 Januari-8 Februari. Pendaftaran SNMPTN 15-24 Februari. Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret dan Pendaftaran Ulang peserta yang lulus SNMPTN lihat di laman PTN penerima.

Tahapan mengikuti SBMPTN 2021 diawali dengan Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN 7 Februari-12 Maret. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 15 Maret-1 April. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, Gelombang 1 pada 12-18 April, dan Gelombang 2 pada 26 April-2 Mei. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN dijadwalkan pada 14 Juni.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)