Inovasi Mahasiswa UI untuk Layanan Asuransi Boyong Juara 1

Kamis, 07 Januari 2021 - 22:13 WIB
loading...
Inovasi Mahasiswa UI untuk Layanan Asuransi Boyong Juara 1
ALI (Asisten Layanan Interaktif) chatbot yang dirancang Mahasiswa FMIPA UI Gracella Jovita dan Justine Kael Tanady. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi nasional Cigna Innovation Challenge 2020 yang diselenggarakan oleh PT Asuransi Cigna, sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang berbasis di New York.

Cigna Innovation Challenge merupakan kompetisi karya tulis ilmiah yang ditujukan bagi mahasiswa S1 dan S2. Inovasi yang digagas oleh tim FMIPA UI pada kompetisi ini adalah teknologi chatbot atau program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI). (Baca juga: Waspadai Covid-19, Ini Kemudahan yang Ditawarkan UNS bagi Mahasiswanya )

Teknologi ini mampu menyimulasikan percakapan layaknya manusia melalui sistem komunikasi otomatis pada pesan teks. Inovasi tersebut merujuk pada salah satu dari dua tema yang ditawarkan, yakni Inovasi dalam Penjualan Asuransi pada Era Normal Baru.

Tim terdiri dari 2 mahasiswa jurusan ilmu aktuaria UI ini adalah Gracella Jovita dan Justine Kael Tanady. Ketua Tim Kontingen FMIPA UI Gracella mengatakan, chatbot yang dirancang bersama timnya diberi nama ALI (Asisten Layanan Interaktif).

Melalui robot virtual ALI, keduanya mencoba fokus pada upaya peningkatan pelayanan perusahaan asuransi terhadap pengguna, baik pemegang polis maupun calon pemegang polis, dari segi komunikasi yang efektif. (Baca juga: UNS Tunda Hybrid Learning di Semester Genap 2021 )

Hal itu mempermudah pengguna mengakses layanan asuransi, seperti mendapatkan rekomendasi polis asuransi yang sesuai dengan profil diri mereka (kesehatan, usia, pengeluaran), atau bahkan membeli produk tanpa melalui perantara agen asuransi.

“Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan chatbot ini sebagai asisten virtual, antara lain konsumen tidak perlu bertatap muka dengan agen asuransi untuk membeli produk asuransi dan pencatatan database calon konsumen,” katanya melalui siaran pers, Kamis (7/1).

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Abdul Haris, menanggapi positif kemenangan tersebut. “Kami mengapresiasi kemenangan mereka dan mendorong untuk selalu melakukan terobosan di bidang keilmuannya," ujarnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)