IPB Selenggarakan Essay Contest tentang Pengetahuan Lokal

Jum'at, 08 Januari 2021 - 23:49 WIB
loading...
IPB Selenggarakan Essay Contest tentang Pengetahuan Lokal
Center for Transdisciplinary and Sustainability Science (CTSS) IPB University kembali mengadakan essay contest tentang pengetahuan lokal. Foto/Dok/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Center for Transdisciplinary and Sustainability Science (CTSS) IPB University kembali mengadakan essay contest tentang pengetahuan lokal. Essay contest kali ini mengangkat tema Preserving and Strengthening Local/Traditional Knowledge for Community Resilience.

Penyelenggaraan essay contest ini merupakan kerjasama antara CTSS dengan Sekolah Pascasarjana IPB University. “Local knowledge yang dikembangkan di masyarakat saat ini adalah knowledge yang dikembangkan oleh institusi postmodern atau jaman pencerahan,” ujar Kepala CTSS IPB University Prof Damayanti Buchori melalui siaran pers, Jumat (8/1/2021). (Baca juga: Sepanjang 2020, Pelajar Indonesia Raih 68 Penghargaan Internasional )

Padahal, lanjutnya, sebetulnya masih ada jenis pengetahuan lain seperti local knowledge yang tidak dikembangkan oleh balai penelitian maupun perguruan tinggi. Saat ini, dimana kehidupan sudah berubah karena perubahan iklim dan pandemi diperlukan pengetahuan baru untuk memecahkan solusi kehidupan.

“Pengetahuan baru ini sebenarnya bisa diangkat dari pengetahuan lokal yang ada di masyarakat. Sehingga, tujuan dari essay contest ini adalah menggali, menemukan, mengawinkan pengetahuan lokal dengan pengetahuan modern untuk menghasilkan pengetahuan baru,” katanya.

Essay contest ini diperuntukkan bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana Indonesia baik yang berkuliah di dalam negeri maupun di luar negeri. Tidak hanya itu, mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Indonesia juga diperbolehkan mengikuti kegiatan ini. (Baca juga: Ketua LTMPT Tekankan Batas Waktu Masa Sanggah Data Kuota SNMPTN 15 Januari )

Penyelenggaraan essay contest ini berlansung dari 29 Desember 2020 dan akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2021. Informasi dan panduan lengkap essay contest dapat diunduh pada link ipb.link/essay 2021 atau mengunjungi website ctss.ipb.ac.id.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)