Ornamen Header
Hari Ini SNMPN 2021 Resmi Dibuka, Cek Pendaftarannya di Sini
Hari Ini SNMPN 2021 Resmi Dibuka, Cek Pendaftarannya di Sini
SNMPN 2021 resmi dibuka. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini khusus menerima calon mahasiswa jenjang D3 di 44 politeknik negeri seluruh Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021 resmi dibuka. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini khusus menerima calon mahasiswa jenjang D3 di 44 politeknik negeri seluruh Indonesia.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sakarinto mengatakan, jalur SNMPN 2021 merupakan seleksi jalur undangan untuk siswa SMK/SMA/MA yang ingin melanjutkan pendidikan ke bidang vokasi. Khususnya perguruan tinggi bidang vokasi dalam hal ini politeknik negeri seluruh Indonesia untuk jenjang D3. (Baca juga: Mahasiswa Buruan Daftar! Pelatihan Digital dari Kemendikbud, Google dan Startup )

"Jadi untuk even ini adalah perguruan tinggi vokasi politeknik dan negeri dan khususnya untuk jenjang D3," terang Dirjen Wikan pada peluncuran SNMPN 2021 yang disiarkan secara daring, Senin (11/1/2021).

Mantan dekan sekolah vokasi Universitas Gadjah Mada ini ini menjelaskan, SNMPN 2021 memang khusus penerimaan jenjang D3 sebab untuk jenjang sarjana terapan atau diploma 4 itu seleksi mahasiswa barunya tahun ini melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).



Dalam sambutannya, Wikan mengajak semua undangan untuk tetap optimis pada jalur pendidikan vokasi, dari manapun asal sekolahnya. “Saat ini era bagi pendidikan vokasi untuk maju dan berkembang seiring dengan kebutuhan SDM. Link and match dengan dunia industri menjadi sebuah keharusan ditambah dengan kolaborasi dalam inovasi," ujarnya. (Baca juga: Bangkitkan Talenta Digital Mahasiswa, Kemendikbud Gandeng Google dan Starup )

Sejak 2020, istilah Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN) berganti nama menjadi SNMPN. Penyelenggaraan SNMPN koordinasinya dipimpin oleh FDPNI. Hingga saat ini, tercatat 44 politeknik negeri se-Indonesia mengikuti seleksi SNMPN.

“Pendaftaran peserta SNMPN tidak dipungut biaya apapun karena biaya dibebankan kepada pemerintah. Jalur SNMPN juga mengakomodasi peserta yang diterima dan berasal dari keluarga tidak mampu, tetapi memiliki prestasi akademi yang baik sebagai peserta program bidikmisi,” tuturnya.



Wikan juga menyebutkan, informasi lengkap serta tata cara pendaftaran SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs www.snmpn.politeknik.or.idmulai 11 Januari 2021 dan ditutup pada 19 Maret 2021, sedangkan pengumuman SNMPN akan diumumkan 6 April 2021.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!