Ornamen Header
Ini Tahapan Pengisian PDSS, Jadi Syarat Wajib Agar Terdaftar di SNMPTN
Ini Tahapan Pengisian PDSS, Jadi Syarat Wajib Agar Terdaftar di SNMPTN
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimulai hari ini. Pengisian PDSS merupakan salah satu syarat wajib agar siswa bisa terdaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan sistem Single Sign On (SSO) dalam penerimaan mahasiswa baru 2021. Dimana sistem ini mewajibkan pada pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN dan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk PTN (UTBK-SBMPTN) harus memiliki akun di LTMPT. Setelah sekolah melakukan registrasi akun LTMPT maka dilanjutkan dengan pengisian PDSS. (Baca juga: Jangan Lupa, Hari Ini Pengisian PDSS untuk SNMPTN Dimulai )

Berdasarkan panduan pengisian PDSS 2021 yang dibuat LTMPT, tahapan pengisian PDSS dimulai dengan melakukan login di pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di portal LTMPT. Tahap kedua adalah sekolah harus memastikan sudah menyelesaikan tahapan penetapan siswa eligible sebelumnya.

Jika belum maka harus diselesaikan terlebih dulu dengan mengikuti panduan berikut di https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11.



Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengisikan jenis studi per siswa per Jurusan. Sekolah harus bisa mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. (Baca juga: Ingin Daftar SNMPTN 2021, Besok Wajib Masukan Data Ini Sebelum Daftar )

Tahap kelima, sekolah harus mendefinisikan mata pelajaran setiap semester tingkat. Selanjutnya pastikan sekolah melakukan finalisasi data kurikulum. Perlu diingat bahwa setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa maupun kurikulum dan mata pelajar lagi. Maka mohon dipastikan sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.

Tahap ketujuh, isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Pengisian ini bisa dilakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload. Lakukan finalisasi data nilai. Untuk tahap terakhir ini juga harus dipastikan pengisian sudah benar sebelum melakukan finalisasi.



Jika sekolah kesulitan mengisi, maka dipersilahkan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan oleh LTMPT. Sekolah bisa memperoleh bantuan melalui helpdesk https://halo.ltmpt.ac.id.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!