Ini Alur Registrasi dan Verifikasi Akun SNMPTN 2021

Rabu, 13 Januari 2021 - 01:48 WIB
loading...
Ini Alur Registrasi dan Verifikasi Akun SNMPTN 2021
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjelaskan mengenai alur registrasi dan verifikasi akun sekolah dan siswa untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Seperti dikutip dari Instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, lembaga yang mengelola data untuk calon mahasiswa di SNMPTN dan SBMPTN ini memberikan penjelasan mengenai alur tersebut agar tidak ada lagi sekolah dan siswa yang bingung untuk memyempurnakan tahapan di seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi ini. (Baca juga: LTMPT Umumkan, Hari Ini Siswa Eligible yang Terdaftar Tembus 31.248 Siswa )

Alur pertama untuk sekolah adalah sekolah mendaftarkan akun menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Dapodik/EMIS. Selanjutnya, sekolah wajib mengisi data Registrasi Akun Sekolah. Sedangkan alur ketiga adalah sekolah melakukan aktivasi akun menggunakan email.

Alur keempat yang harus dilakukan adalah sekolah login untuk Verifikasi dan Validasi Data Sekolah dan Siswa (Verval). Sementara alur terakhir yang harus dilakukan sekolah di proses registrasi dan verifikasi ini adalah melakukan Simpan Permanen agar data sekolah tidak dapat diubah kembali.

Sedangkan alur registrasi dan verifikasi akun untuk siswa pada SNMPTN 2021 ini dimulai dari siswa mendaftar akun dengan menggunakan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan juga tanggal lahir. Lalu siswa melalui aktivasi akun menggunakan email. (Baca juga: Ini Tahapan Pengisian PDSS, Jadi Syarat Wajib Agar Terdaftar di SNMPTN )

Tahap ketiga adalah siwa login untuk verifikasi dan validasi akun. Dan tahap terakhir adalah Simpan permanan agar data yang telah diisi tidak dapat diubah kembali. Panduan lengkap dapat dilihat di laman https://www.ltmpt.ac.id pada menu Unduhan 2021.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)