Ini 7 Softskill untuk Jadi Mahasiswa Unggul di Dunia Kerja

Rabu, 13 Januari 2021 - 16:28 WIB
loading...
Ini 7 Softskill untuk Jadi Mahasiswa Unggul di Dunia Kerja
Terdapat 7 keterampilan nonteknis yang secara khusus perlu mahasiswa miliki untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi perlu dibekali dengan softskill yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing sehingga akan sukses berkarir di dunia kerja.

Dikutip dari laman resmi Binus University di binus.ac.id, bekal soft skill merupakan kemampuan yang dapat dilatih selama kuliah. Terdapat 7 keterampilan nonteknis yang secara khusus perlu mahasiswa miliki untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja, yakni: )

1. Kerja Sama
Kemampuan bekerjasama menjadi bekal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Apalagi, sebagian besar tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh seorang pekerja memerlukan keterampilan ini. Ditambah lagi, mayoritas perusahaan kini memilih untuk membangun lingkungan kerja dengan diversitas budaya tinggi.

Dalam perusahaan yang memiliki diversitas budaya tinggi, terdapat karyawan dengan berbagai latar belakang ras, agama, warna kulit, etnis, usia, dan lain sebagainya. Tanpa kemampuan bekerjasama yang baik, perusahaan bakal menempatkanmu dalam daftar paling belakang.

2. Inovasi
Perusahaan di era modern sangat memerlukan kehadiran tenaga kerja yang mampu menghadirkan inovasi baru. Inovasi membuat perusahaan bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan menemukan peluang baru. )

Lingkungan kerja yang inovatif mendorong karyawan untuk terus berkembang dan belajar. Suasana yang positif tersebut kemudian dapat memberi dampak dalam peningkatan produktivitas para karyawan.

3. Respect
Kemampuan ini bakal membuat kamu memperlakukan orang lain dengan baik, selayaknya seperti mereka menghormatimu. Kebiasaan tersebut dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam rangka membangun lingkungan kerja positif.

4. Integritas
Integritas menjadi modal penting untuk mendapat kerja cepat dan posisi menjanjikan. Bagi perusahaan, integritas merupakan parameter penting untuk menilai potensi seorang calon karyawan. Pekerja yang berintegritas memiliki tanggung jawab besar dan bisa diandalkan.

5. Perseverance
Modal kegigihan bakal membuat seorang karyawan tidak mudah menyerah ketika menghadapi hambatan. Kemampuan ini bakal memberi dampak positif terhadap lingkungan kerja secara jangka panjang.

6. Striving for excellence
Karyawan yang selalu melakukan upaya terbaik merupakan aset penting dari sebuah perusahaan. Hal yang sama juga berlaku tidak kalah pentingnya ketika kamu ingin memulai karier sebagai entrepreneur. Kemampuan ini juga menjadi bukti bahwa kamu memiliki kemampuan berkompetisi secara sehat dalam situasi apa pun.

7. Tech savvy
Kemampuan ini kerap dianggap sebagai hard skill. Namun, kecakapan seorang tech savvy dalam menemukan penggunaan teknologi secara tepat, merupakan salah satu bentuk soft skill.

Binus University pun menciptakan ekosistem untuk mendukung mahasiswanya bisa berkembang dengan lebih baik. Dalam sistem pembelajaran, mahasiswa Binus juga didorong untuk memiliki 6 atribut penting yang diperlukan di tempat kerja.

Di waktu bersamaan, penggunaan beragam teknologi canggih juga mampu menunjang kenyamanan dan kelancaran belajar.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2651 seconds (0.1#10.140)