Ornamen Header
Ini 5 Universitas di Indonesia yang Terbaik Menerapkan Kampus Hijau
Ini 5 Universitas di Indonesia yang Terbaik Menerapkan Kampus Hijau
Suasana Kampus Universitas Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Pola hidup ramah lingkungan semakin banyak dianut berbagai instansi. Tidak terkecuali oleh perguruan tinggi yang menyediakan sarana dan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar kampusnya.

Dikutip dari instagram Ditjen Dikti Kemendikbud di @ditjen.dikti, pada akhir tahun 2020 Universitas Indonesia (UI) GreenMetric telah menganugerahi kampus-kampus terhijau di Indonesia. UI GreenMetric sendiri adalah salah satu program dari UI yang menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Baca juga: ( Catat! Ini Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di UI )

Ditjen Dikti Kemendikbud merangkum lima perguruan tinggi hijau teratas di Indonesia versi UI GreenMetric 2020. Pertama UI. Kampus yang dinotifikasi sebagai kampus terbaik bidang ilmu kesehatan, soshum dan ilmu hayat di THE WUR 2021 ini memfasilitasi moda transportasi umum sebagai upaya mengurangi pemakaian volume kendaraan pribadi.

Selain itu juga UI membuat kebijakan di area kantin dengan memfasilitasi peralatan makan yang dapat dipakai kembali guna mengurangi penggunaan plastik. Selain itu UI juga membuat kebijakan dalam hal pemisahan sampah organik dan non organik. UI juga membuat program pengelolaan sampah organik yang didaur ulang menjadi pupuk kompos.



Kedua adalah Universitas Diponegoro (Undip). Kampus yang dipimpin Rektor Yos Johan Utama ini 70% wilayah kampusnya dijadikan sebagai ruang terbuka hijau. Juga membangun fasilitas sampah terpadu dan melarang pembakaran sampah. Undip juga membuat taman dan htan kampus. Kampus yang berlokasi di Semarang ini juga meminimalisir penggunaan plastik dan kertas di area kampus. Baca juga: ( Mahasiswa ITB Raih Best Paper di Geo Student Competition 2020 )

Ketiga adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus yang berlokasi di DI Yogyakarta ini membuat instalasi penampungan air hujan untuk menanggulangi masalah kekeringan yang terjadi saat kemarau. Selain itu pemanfaatan panel surya sebagai sumber energi dan juga mengoperasikan bus tenaga listrik yang digarap oleh fakultas tehnik UGM.

Keempat adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyediakan infrastruktur dan tata ruang kampus untuk pemanfaatan lahan taman dan ruang terbuka. Lalu menata jalur transportasi di area kampus secara teratur sebagai upaya mengurangi polusi kendaraan. IPB juga mempraktikkan pemilahan dan pengolahan sampah organik dan non organik dan mengembangkan teknologi terbarukan melalui green campus dan green building.



Kelima adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus yang berlokasi di Surabaya ini 60% wilayahnya terdiri dari pepohonnan, rumput dan tanaman hijau. ITS juga menerapkan standar green campus, green infrastructure perbaikan jaringan drainase di area kampus. ITS juga mengeluarkan inovasi transportasi ramah lingkngan buat bus kampus gratis, bus listrik, motor listrik dan mobil hemat energi.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!