Layanan Masa Sanggah Kuota SNMPTN Diundur Sampai 7 Februari, Cek Link

Kamis, 14 Januari 2021 - 16:18 WIB
loading...
Layanan Masa Sanggah Kuota SNMPTN Diundur Sampai 7 Februari, Cek Link
LTMPT mengundurkan layanan masa sanggah untuk SNMPTN sampai 7 Februari pukul 15.00 WIB. Foto/Dok/Humas LTMPT
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) mengundurkan layanan masa sanggah kuota untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sampai 7 Februari pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, jadwal yang ditetapkan LTMPT untuk masa sanggah adalah sampai Jumat 15 Januari pukul 15.00 WIB. Namun LTMPT mengumumkan yang juga telah diumumkan di instagram resmi LTMPT bahwa layanan masa sanggah tersebut diundur. Hal ini diperkuat dengan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT No 01/SE.LTMPT/2021.



Sebelumnya, pengumuman kuota siswa eligible mendaftar di SNMPTN diumumkan pada 28 Desember. Data siswa diambil dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud per 23 Desember. Data ini dapat dilihat pada https://ltmpt.ac.id submenu Kuota Sekolah.

Apabila ada sanggah bisa diperbaiki melalui https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id menggunakan akun operator sekolah. Kelengkapan data dapat dilihat di https://pd.data/kemdikbud/go.id/ltmpt/ . Apabila sudah benar harus login ke laman https://portal/ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah mulai 4 Januari.

SNMPTN merupakan satu rangkaian dari penerimaan mahasiswa baru di PTN. Jalur ini tidak menerima mahasiswa baru melalui tes tertulis. Melainkan seleksi nilai akademik dan prestasi lainnya. SNMPTN terbuka untuk siswa kelas akhir atau kelas 12.



SNMPTN diawali pada 4 Januari dengan membuat registrasi akun LTMPT di di portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun ini dibuka hingga 1 Februari. Registrasi akun ini bersamaan dengan penetapan siswa yang eligible oleh sekolah.

Tahap selanjutnya adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Prosesnya dimulai pada 11 Januari hingga 8 Februari. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang berhak mendaftar.

PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 dan Kurikulum 2013 (sistem paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak bisa mendaftar PDSS. Untuk tahun ajara n dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap.

Jika sudah memiliki akun LTMPT dan proses pengisian data di PDSS sudah lengkap maka bisa langsung melakukan pendaftaran SNMPTN yang diagendakan berlangsung pada 15 Januari hingga 24 Februari.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3811 seconds (0.1#10.140)