Ingat, Ada 351 Program Studi D4 Bisa Dipilih di SNMPTN 2021

Jum'at, 15 Januari 2021 - 17:52 WIB
loading...
Ingat, Ada 351 Program Studi D4 Bisa Dipilih di SNMPTN 2021
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto saat memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jenjang D4 pada SNMPTN 2021. Foto/SINDOnews/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa bisa memilih 351 program studi (prodi) sarjana terapan (D4) yang bisa dipilih di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2021. Prodi untuk jenjang D4 ini bisa dipilih di politeknik negeri dan juga universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi (unista).

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, untuk 351 prodi sarjana terapan di SNMPTN 2021 ini penerimaan mahasiswa barunya akan dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dia menjelaskan, dari 351 prodi ini terbagi menjadi dua jalur yakni 298 prodi D4 untuk penerimaan di 40 politeknik negeri.

Kemudian, lanjut Wikan, ada 53 prodi D4 yang akan diselenggarakan di 12 universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. Wikan menerangkan, untuk kelompok prodi terbagi dua yakni prodi sainstek yakni ada 215 prodi sainstek di politeknik dan 31 prodi di universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi.

Sementara untuk prodi soshum terbagi antara 83 prodi di politeknik dan 22 prodi soshum di universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. "Sebenarnya mau memilih sarjana atau sarjana terapan itu terserah. Terserah passion, minat dan bakatnya dimana," katanya pada Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan SNMPTN 2021 secara daring, Jumat (15/1).

Mantan dekan vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berpesan, kepada para calon pendaftar untuk seksama dalam memilih prodi. Selain itu, lanjut Wikan, harus ditentukan dulu kedepannya para lulusan ini ingin menjadi apa dan apakah bahagia jika melakukannya.

Wikan menuturkan, proses pertama yang harus dilewati oleh lulusan SMA, SMK, MA untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi ada pada proses seleksi. Proses ini menjadi syarat penting agar baik lulusan maupun perguruan tinggi dapat mengukur kualitas calon peserta didiknya. “Untuk itu kami menggandeng LTMPT melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)