Ornamen Header
ITS Sediakan 3 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru
ITS Sediakan 3 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - ITS mulai mensosialisasikan informasi jalur penerimaan mahasiswa baru secara daring. ITS memiliki 3 jalur masuk yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) di tahun 2021 ini.

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah menjelaskan, tahun 2021 jalur penerimaan mahasiswa baru di ITS masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Penerimaan mahasiswa baru bisa melewati jalur SNMPTN , SBMPTN, dan juga Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Baca juga: Ini Cara Mudah Akses PDSS Sebelum Daftar SNMPTN 2021

“Di ITS, untuk SNMPTN kami memberi kuota 20%, untuk SBMPTN 30 % dan sisanya untuk SKM,” katanya saat menjadi pembicara Sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2021 melalui siaran pers, Sabtu (16/1).

Untuk SNMPTN, lanjutnya, penilaian berdasarkan indeks sekolah yang mempertimbangkan akreditasi sekolah, alumni yang diterima SNMPTN di perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia, dan alumni yang diterima SBMPTN di PTN di Indonesia.



Setelah itu, siswa akan dibandingkan dengan siswa lain pada sekolah yang mendaftar di ITS. “Perbandingan ini diutamakan pada nilai rapor, didukung dengan sertifikat yang disertakan seperti kejuaraan olimpiade sains, olahraga, karya ilmiah, seni, hafiz, dan ketua OSIS,” jelasnya. Baca juga: Simak 20 PTN dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak di SNMPTN 2020

Selanjutnya, untuk SBMPTN penilaian masih sama seperti tahun lalu dengan menggunakan skor dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Setelah SNMPTN dan SBMPTN, ITS juga memiliki jalur khusus yaitu SKM. Jalur ini bisa diikuti untuk yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana, vokasi, dan International Undergraduate Program (IUP). Untuk SKM akan memerlukan nilai rapor, nilai UTBK atau TKA dari ITS, dan pengumpulan deskripsi diri.



“Untuk program IUP dan Joint Degree, calon mahasiswa baru juga perlu sertifikat kemampuan bahasa Inggris, dan bisa menyertakan sertifikat prestasi,” terang Machmudah lagi.

Dosen Departemen Teknik Kimia ITS ini pun menambahkan, semua program studi kecuali IUP dapat didaftarkan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SKM. Program IUP hanya bisa didaftarkan melalui jalur IUP sendiri dan juga SKM. Program internasional ini pun hanya tersedia di beberapa departemen di ITS.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!