Ini Cara Mudah Akses PDSS Sebelum Daftar SNMPTN 2021

Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:33 WIB
loading...
Ini Cara Mudah Akses PDSS Sebelum Daftar SNMPTN 2021
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan ditutup pada 8 Februari. Agar proses ini dilakukan tepat waktu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan informasi tentang cara termudah untuk mengakses PDSS.

Seperti dikutip dari instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, LTMPT memberikan informasi cara mudah akses PDSS. LTMPT berharap pengisian PDSS ini dilakukan dengan teliti. Jadwal pengisian PDSS dimulai 11 Januari dan akan ditutup pada 8 Februari.

Cara mudah untuk akses PDSS dibagi dua. Pertama untuk login sekolah adalah sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di portaL LTMPT. Kedua, cara mudah membuka lamannya adalah dengan membuka url pada laman https://pdss.ltmpt.ac.id . Masuk menggunakan username dan password yang benar.

Selain dari instagram LTMPT, panduan pengisian PDSS 2021 juga bisa diunduh di laman resmi LTMPT di https://www.ltmpt.ac.id . LTMPT juga membagikan panduan untuk mengisi PDSS. Pertama login di https://pdss.ltmpt.ac.id dengan menggunakan akun terdaftar di portal LTMPT.

Kedua, pastikan telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible. Jika belum, ikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id atau dapat melalui tautan di https://ltmpt.ac.id?mid=11 .

Tahap ketiga dalam basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar ini adalah mengisikan jenis studi per siswa per jurusan. Dan dilanjutkan dengan definisi kurikulum setiap semester dengan total semester yang harus dikurangi 1 semester yang sudah berjalan.

Tahap kelima adalah definisikan mata pelajaran setiap semester. Yang diikuti dengan tahap keenam yakni finalisasi data kurikulum. Setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa dan kurikulum dan mata pelajar. Maka pastikan data sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.

Sedangkan tahap ketujuh adalah isikan nilai per siswa per semester dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan. Bisa melakukan pengisian dengan cara per siswa maupun secara bulk upload. Tahap terakhir adalah, lakukan finalisasi data nilai. Pastikan pengisian sudah benar sebelum melakukan finalisasi ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4118 seconds (0.1#10.140)