Ornamen Header
Selain SNMPTN dan SBMPTN, UB Juga Buka Jalur Mandiri
Selain SNMPTN dan SBMPTN, UB Juga Buka Jalur Mandiri
Universitas Brawijaya (UB) Malang. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Universitas Brawijaya (UB) menjadi kampus favorit di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Namun selain kedua jalur seleksi itu UB juga membuka seleksi 2 jalur mandiri yakni jalur ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan jalur rapor.

Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik, dan Kerjasama UB Herry Prawoto Widodo mengatakan, untuk Seleksi Mandiri 2021 UB memang belum meluncurkan mekanisme dan prosedurnya untuk penerimaan di tahun 2021 ini. Namun pihaknya akan memberikan informasi mengenai mekanisme dan prosedur seleksi mandiri yang sudah dilaksanakan pada 2020 lalu. Baca juga: Rektor UIN: Ini 4 Karakter ASN di Indonesia, Kita di Posisi Mana?

Dia menjelaskan, seleksi mandiri UB terbagi 2 yakni jalur UTBK dan jalur rapor. Dimana anak-anak yang sudah memiliki nilai UTBK bisa memakai jalur ini. Sementara bagi anak yang sudah mempunyai nilai UTBK kemudian ingin masuk dengan jalur rapor juga bisa.

Sementara bagi peserta yang ingin masuk jalur rapor tetapi dia tidak memiliki nilai UTBK maka hanya bisa masuk jalur rapor saja. ''Anak yang punya nilai UTBK bisa dua jalur. Bisa UTBKnya dipakai dan juga nilai rapornya juga dipakai," katanya pada Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UB 2021 yang disiarkan daring, Rabu (20/1).



Herry melanjutkan, persyaratan umumnya yaitu siswa yang lulus SMA/SMK/MA angkatan tahun 2019, 2020 dan 2021. Kemudian untuk jalur UTBK pilihan kelompoknya yaitu sainstek, soshum dan campuran dimana untuk siswa IPA bisa memilih dua prodi campuran untuk kelompok sainstek dan soshum. Baca juga: Ini Alur Registrasi dan Verifikasi Akun SNMPTN 2021

Sementara untuk jalur rapor ini selain ketentuan diatas juga bisa ditambahkan dengan prestasi akademik dan non akademik. Untuk jalur rapor, dijelaskan, untuk kelas reguler yang diperlukan adalah rapor nilai semester 3,4 dan 5. Kemudian kelas akselerasi 4 semester ialah rapor semester 1,2 dan 3. Untuk kelas akselerasi 6 semester yang diperlukan adalah rapor semester 3,4 dan 5.

Lalu kapan jalur mandiri ini akan dibuka, dia mengatakan, biasanya akan mengikuti jadwal SBMPTN. Dimana jika SBMPTN ditetapkan di Juni pengumumannya maka jalur mandiri akan dibuka 2 minggu sebelum tanggal itu. Namun untuk jalur mandiri di tahun 2021 ini, dia menekankan, jadwal dan mekanismenya masih belum ada penetapan apakah mekanisme dan prosedurnya tetap atau berubah.



Herry menuturkan, mengenai syarat dan ketentuan jalur mandiri. Serta program studi apa saja yang akan ditawarkan di penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri di 2021 ini akan diumumkan dan dapat dilihat masyarakat di laman selma.ub.ac.id.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!