Ini 3 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Minggu, 31 Januari 2021 - 21:43 WIB
loading...
Ini 3 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics
Universitas Bina Nusantara didaulat sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik versi Webometrics. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Webometrics Ranking of World Universities kembali merilis daftar universitas terbaik dunia , khususnya Indonesia di tahun 2021. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik masih didominasi universitas yang tahun sebelumnya masuk pemeringkatan.

Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan perguruan tinggi yang diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol yang dilakukan sejak tahun 2004.

Pemeringkatan bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Tahun ini, terdapat sekitar 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Melansir website Webometrics, Minggu (31/1/2021) menginformasikan banyak Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta terbaik Indonesia yang masuk dalam rangking pemeringkatan.

Hasil dari pemeringkatan Webometrics di Januari 2021, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih peringkat satu di perguruan tinggi Indonesia. Sedangkan tingkat dunia, UGM menempati posisi 810.

Terbaik kedua setelah UGM ditempati Institut Pertanian Bogor (IPB), urutan ketiga Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Selanjutnya Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga Unair.

Posisi peringkat yang diraih UGM berdasarkan penilaian tiga indikator, yakni impact atau visibility, openness atau transparency, serta excellence.

Dari hasil pemeringkatan Webometrics, ada 3 kampus swasta yang masuk dalam peringkat 20 besar universitas terbaik di Indonesia. Tiga PTS terbaik sebagai berikut:

1. Bina Nusantara ( Binus) University
2. Telkom University
3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Selain tiga kampus swasta dari 20 universitas terbaik di Indonesia ini, masih ada sejumlah kampus swasta lainnya yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Kampus tersebut di antaranya:

Universitas Gunadarma, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Narotama, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Mercu Buana, Universitas Atma Yogyakarta, Universitas Katolik Parahyangan, dan Petra Christian University.

Lainnya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Widyatama, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Trisakti, Universitas Sanata Dharma USD Sleman, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Kristen Maranatha, dan masih banyak lainnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)