Kebutuhan Industri, Kemendikbud akan Upgrade Prodi D3 ke D4

Senin, 01 Februari 2021 - 12:11 WIB
loading...
Kebutuhan Industri, Kemendikbud akan Upgrade Prodi D3 ke D4
Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendorong program studi (prodi) D3 meningkat menjadi D4. Prodi D4 atau sarjana terapan ini diperlukan untuk menghasilkan kebutuhan lulusan yang aplikatif seperti supervisor lapangan.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, lulusan perguruan tinggi itu harus sesuai dengan kebutuhan riil di dunia kerja dan dunia industri. Bukan hanya lulusan yang sekadar memegang ijazah, katanya, namun yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di tengah masyarakat.

"Konsep kita adalah seluruh program studi (prodi) D3 kita akan upgrade menjadi sarjana terapan. Ini adalah untuk memenuhi kebutuhan supervisor lapangan, product designer yang sifatnya aplikatif," katanya pada webinar Sukses Masa Depan Melalui Sarjana Terapan yang digelar daring.

Dia menjelaskan, persyaratan perguruan tinggi vokasi yang bisa diupgrade ini seperti sinkronisasi kurikulum, ada pengembangan softskill dengan project based learning, syarat pengajar dari industri minimal 50 jam per prodi per semester, syarat magang minimal 1 semester atau lebih, bisa mikrokredensial dan ada sertifikasi kompetensi.

Meski menargetkan peningkatan D3 menjadi D4 untuk menghasilkan lulusan yang lebih kompeten, namun Kemendikbud tidak memaksakan perguruan tinggi vokasi untuk menjalankannya. "Tidak wajib. Itu terserah politeknik masing-masing. Terserah fakultas vokasi yang punya prodi D3 kita dorong upgrade ke D4 dengan menu ini. Kalau tidak mau ya ngga dipaksa," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)