Prodi Kimia IPB University Diburu Calon Mahasiswa, Ini Keunggulannya

Selasa, 02 Februari 2021 - 13:59 WIB
loading...
Prodi Kimia IPB University Diburu Calon Mahasiswa, Ini Keunggulannya
Kampus IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - IPB University mengenalkan program studi (Prodi) kimia di IPB yang memiliki sejumlah program keunggulan kepada calon mahasiswanya. Prodi Kimia IPB telah terakreditasi internasional oleh Royal Society of Chemistry (RSC) dari Inggris.

Ketua Departemen Kimia, Prof Dr Dyah Iswantini Pradono menyebutkan, pelajar akan bangga bila memilih Departemen Kimia IPB University sebagai pilihan studinya. Selain IPB University menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2020, Prodi Kimia juga telah terakreditasi internasional oleh Royal Society of Chemistry (RSC) dari Inggris.

“Hanya 5 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan akreditasi prestisius tersebut. Departemen Kimia IPB University juga telah mendapatkan akreditasi tertinggi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yakni akreditasi unggul. Untuk itu, saya berharap adik-adik semua tertarik menjadi mahasiswa kimia IPB University,” katanya pada Ikatan Mahasiswa Kimia (Imasika) Goes to School melalui siaran pers, Selasa (2/2).

Dosen IPB University Departemen Kimia Dr Henny Purwaningsih menjelaskan, Departemen Kimia juga memiliki beberapa program lulus tepat waktu sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir dengan masa kelulusan yang lama. Tentunya, dengan kesempatan berkuliah di kampus terbaik, lulusan S1 kimia IPB tak perlu menunggu lama untuk bekerja.

Tepatnya, masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan cukup singkat. Sekira 73 % lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Bahkan, banyak dari mahasiswa yang telah mendapatkan tawaran pekerjaan jauh sebelum masa kelulusan.

Prodi Kimia IPB University juga memiliki keunggulan lain dibandingkan prodi sejenis di universitas lain terutama pada mandat keilmuan. Dibandingkan dengan universitas lainnya, di bawah IPB University, mandat keilmuan Departemen Kimia menjadi amat beragam, ada kelautan, pertanian, dan biosains kimia.

“Hal tersebut tidak bisa didapatkan di perguruan tinggi lain. Jadi dengan mandat keilmuan tersebut, suasananya ketika masuk menjadi berbeda,” ujarnya.

Jalur masuk Prodi Kimia pun beragam, selain itu komposisi dan daya tampungnya cukup besar. Siswa-siswi SMA calon mahasiswa hanya perlu menyusun strategi yang baik karena keketatan prodi cukup tinggi dikarenakan peminat yang cukup banyak.

Departemen Kimia juga menyediakan sarana mencukupi untuk para mahasiswanya berkembang. Ada Program Peningkatan Kompetensi Mahasiswa agar mahasiswa diberikan berbagai pelatihan untuk mampu bersaing di dunia kerja.

Program tersebut meliputi pelatihan bahasa inggris, pelatihan HACCP (Hazard analysis and critical control points), kunjungan industri, dan sebagainya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)