Punya Prestasi Luar Biasa, Coba Masuk IPB University lewat Jalur PIN

Kamis, 04 Februari 2021 - 12:18 WIB
loading...
Punya Prestasi Luar Biasa, Coba Masuk IPB University lewat Jalur PIN
Kampus IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - IPB University tidak hanya membuka penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN ataupun SBMPTN. Bagi pelajar yang memiliki prestasi luar biasa pun dibuka jalur khusus melalui Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

Dikutip dari laman resmi admisi.ipb.ac.id, daya tampung jalur PIN ini hanya sekitar 8-12 orang. Latar belakang jalur pendaftaran mahasiswa baru program sarjana tahun ajaran 2021/2022 jalur PIN ini adalah keunggulan, kreatifitas dan inovasi seorang siswa SMA/MA dalam mengembangkan pengetahuannya merupakan salah satu instrumen lain untuk meramalkan potensi keberhasilannya di perguruan tinggi.

Sementara jalur USMI dan SNMPTN belum ideal untuk menjaring lulusan SMA dengan karakteristik semacam ini. IPB sudah menyelenggarakan jalur ini sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah. Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur PIN seperti yang dikenal saat ini.

Tujuan jalur PIN ini untuk memberikan kesempatan pada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal.

Pelamar yang bisa mendaftar di jalur ini adalah lulusan SMA/Sederajat jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis pada tahun 2021. Lalu, berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional dan nasional.

Antara lain dalam kegiatan Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika, Olahraga, Hafizh, dan Pramuka. Khusus untuk prestasi terkait dengan Pramuka untuk tahun akademik 2021/2022 baru dibuka untuk daerah Jawa Barat.

Masa pendaftaran jalur PIN ini telah dibuka sejak 1 Februari sampai 14 April. Seleksi akan dimulai pada awal Mei dan pengumuman akan digelar pada 28 Mei. Kemudian registrasi online akan dibuka pada 29 Mei sampai 4 Juni. Kemudian unduh tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada 7 Juni, periode pembayaran UKT pada 7-13 Juni dan awal perkuliahan pada 16 Agustus.

Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa jalur PIN akan diumumkan pada 28 Mei 2021 pada laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id . Pada laman admisi juga disampaikan tentang tata cara pendaftaran jalur PIN ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)