Pandemi, Kemenag Minta Perguruan Tinggi Islam Terapkan Digital University

Sabtu, 06 Februari 2021 - 19:25 WIB
loading...
Pandemi, Kemenag Minta Perguruan Tinggi Islam Terapkan Digital University
Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani saat berbicara di Rapat Kerja Pimpinan IAIN Jember di Banyuwangi, Jumat (5/2). Foto/Dok/Humas Pendis Kemenag
A A A
JAKARTA - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) diminta segera menyiapkan pembelajaran berbasis digital yang dapat diimplementasikan secara lintas program dan lintas kampus.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani mengungkapkan, masa pandemi yang panjang perlu dijawab dengan metode terobosan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa di zaman digital.



Konsep digital university telah mendapat support teknologi yang tepat, namun perlu didukung regulasi yang jelas agar tidak eksesif. Saat ini pihaknya tengah menggodok konsep digital university dan juga regulasi terkait implementasinya.

"Salah satu konsen digital university adalah penekanan teknik transformasi jarak jauh yang sama efektifnya dengan tatap muka" katanya saat berbicara di Rapat Kerja Pimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Jember di Banyuwangi, Jumat (5/2/2021).

Pada pembelajaran jarak jauh ini, mahasiswa yang terdaftar di satu kampus, dapat mengikuti perkuliahan di kampus lain sesuai dengan minat dan konsen dari mahasiswa tersebut.

Baca juga: FT UI Buka Prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota


Di tengah kondisi pandemi Covid-19, lanjut Ramdhani, kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di lingkungan kampus PTKI sebenaranya sudah berjalan, akan tetapi tingkat efektifitasnya belum sesuai espektasi.

Hal ini terjadi karena publik masih dalam masa transisi dan belum mencapai digital culture. Jika PJJ sudah ketemu celah dan sudah menjadi kebiasaan, bukan tidak mungkin efektifitas PJJ akan kita rasakan dan hasilnya akan luar biasa. "Teknologi itu pada dasarnya menghubungkan orang, bukan memisahkannya," katanya.

Faktanya banyak orang meraih level keilmuan tinggi dengan belajar secara otodidak baik melalui platform online maupun offline. Konsep digital university ini juga dapat menerapkan penjaminan mutu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)