Ornamen Header
Dosen UB Raih Juara 2 di India-ASEAN Hackathon 2021
Dosen UB Raih Juara 2 di India-ASEAN Hackathon 2021
Universitas Brawijaya (UB) Malang. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Dosen Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB) Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. mendapatkan juara kedua dengan Kategori PS2 Prediction of Oil Spills Events at Sea dalam India-ASEAN Hackathon 2021.

Dikutip dari laman resmi UB di ub.ac.id, Herman Tholle sukses mementori tim yang terdiri dari mahasiswa Indonesia, India, dan Singapura dengan membahas permasalahan tentang tumpahan minyak. Mentor dan peserta yang lain mendapatkan Encouragement Award dengan hadiah untuk masing-masing peserta sebesar USD100.

Baca juga: Ini 15 Program Studi Peminatan ITB pada SNMPTN 2021

Pemerintah India khususnya dari Kementerian Pendidikan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk menyelenggarakan India-ASEAN Hackathon 2021 yang diselenggarakan Februari 2021 (1-4/2/2021). India-ASEAN Hackathon berasal dari keputusan Perdana Menteri India pada KTT ASEAN-India ke-16 di Bangkok pada November 2019.

Tujuan diadakannya acara India-ASEAN Hackathon ini adalah menggabungkan keinginan bersama untuk mempromosikan kerjasama bagi para pemuda di ASEAN-India



Acara ini diikuti oleh beberapa Universitas terkemuka yang ada di ASEAN. Hackathon tahun ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Dr. Ramesh Pokhriyal Nishank bersama dengan pejabat lainnya dari ASEAN dan India pada 1 Februari.

Baca juga: Inovasi Terbaik, ITB Raih Juara Internasional Medical Robotics 2020 di UK

Selama 36 jam, 330 mahasiswa dan 110 mentor dari 10 negara ASEAN dan India bekerja sama secara online dan berkompetisi sebagai 55 tim untuk menghasilkan solusi inovatif dari 11 pernyataan masalah. Pernyataan masalah mencakup 2 tema utama yaitu Ekonomi dan Pendidikan

Sistem dalam kegiatan ini para peserta dan mentor saling diacak satu sama lain sehingga memunculkan karakter multinasional dari masing-masing tim, yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat kolaboratif, mengekspos peserta untuk mengenal budaya, nilai, dan etika kerja yang beragam.

India-ASEAN Hackathon diikuti perwakilan dari perguruan tinggi di Indonesia yang unggul dalam bidang IT, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Gunadarma dan Universitas Brawijaya dimana diikuti oleh 30 mahasiswa dan 10 mentor.



FILKOM UB sendiri mengirimkan dua orang dosen sebagai mentor yaitu Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. dan Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. sedangkan untuk mahasiswa FILKOM mengirimkan 6 orang mahasiswa yang semuanya berasal dari Teknik Informatika.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!