Ornamen Header
Ini Cerita Dosen Unpad yang Manfaatkan TikTok sebagai Media Edukasi
Ini Cerita Dosen Unpad yang Manfaatkan TikTok sebagai Media Edukasi
Dosen Prodi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Ira Mirawati, menjadikan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Foto/Dok/Humas Unpad
JAKARTA - Media sosial tidak sekadar sebagai media hiburan bagi penggunanya. Ada hal lain yang bisa dimanfaatkan dari media sosial, yaitu sebagai sarana pembelajaran.

Dosen Prodi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Ira Mirawati, M.Si memilih menjadikan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Menjadi pengguna media sosial TikTok, Ira rutin membagikan konten edukatif yang banyak diapresiasi oleh para pengikutnya.

Baca juga: Dosen UB Raih Juara 2 di India-ASEAN Hackathon 2021

Bahkan, aktivitasnya di TikTok mengantar Ira menjadi salah satu nominator pada ajang TikTok Awards Indonesia 2020 kategori “Best of Learning and Education”, 30 Januari lalu.



Pemilik akun TikTok @buiramira ini mampu menggaet perhatian pengguna dari pelajar maupun mahasiswa. Saat ini, jumlah pengikutnya mencapai 443.500 orang. Kontennya seputar tips menghadapi sejumlah permasalahan kuliah hingga skripsi. “Kebutuhan mereka (audiens) ke arah sana (kuliah dan skripsi), maka kita berikan apa yang mereka butuhkan,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Jumat (12/2/2021).

Ketua Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad ini menjelaskan, pandemi mendorongnya untuk terjun menjadi TikTokers, atau sebutan untuk pengguna aplikasi TikTok. Awalnya, Ira dan beberapa dosen di Fikom Unpad mengembangkan layanan curhat berbasis daring, yaitu www.sobatmu.com.

Baca juga: Ini 15 Program Studi Peminatan ITB pada SNMPTN 2021



Lewat platform ini, Ira dan para dosen membuka layanan ngobrol atau curhat bagi anak SMA maupun mahasiswa di seluruh Indonesia. “Target kita memang usia anak SMA dan mahasiswa, di mana mereka punya masalah tetapi tidak punya tempat curhat,” terangnya.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!