Ini Panduan untuk Mendaftar SNMPTN 2021

Senin, 15 Februari 2021 - 13:07 WIB
loading...
Ini Panduan untuk Mendaftar SNMPTN 2021
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021 dimulai hari ini. Terdapat beberapa tahapan yang harus diisikan oleh siswa. Para pejuang SNMPTN bisa membaca dulu panduan pendaftaran di bawah ini agar berhasil mendaftar di jalur bergengsi ini.

Dikutip dari instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di @ltmptofficial, tahapan pertama pendaftaran SNMPTN adalah Login Siswa. Tahapan ini siswa disilahkan masuk ke halaman awal login portal LTMPT. Kemudian masukkan email dan password.



Pastikan anda adalah siswa eligible yang dinyatakan oleh sekolah, memiliki akun LTMPT yang sudah permanen dan memiliki nilai lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tahap 2, Kelengkapan Data Orang Tua pada Halaman Profil. Pada tahap ini, halaman profil berisi informasi biodata siswa yang telah diambil dari data yang telah diisikan di portal. Dan tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Siswa hanya perlu mengisi kolom Kelengkapan Data Orang Tua yang terdiri atas Penghasilan Orang Tua serta Jumlah Tanggungan Orang Tua. Setelah selesai mengisi kelengkapan Data Orang Tua tekan tombol Simpan. Setelah muncul keterangan Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data, lanjutkan ke halaman Pilihan.



Tahap 3, Mengisi Pilihan Prodi pada Halaman Pilihan. Siswa bisa memilih salah satu PTN/Politeknik negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan. Setelah itu akan muncul Daftar Prodi. Jika memilih 2 prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK asalnya.

Jika memilih 1 prodi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun. Dan disarankan tidak lintas minat (tergantung PTN yang dituju. Pada pilihan prodi terdapat kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen Portofolio.

Lalu Pilih Simpan dan jika berhasil akan muncul Notifikasi berhasil Menyimpan Pilihan, Silakan Mengisi Portofolio/Prestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)