UMM Kampus Islam Terbaik Dunia, Kalahkan Universitas Kairo

Kamis, 18 Februari 2021 - 19:35 WIB
loading...
UMM Kampus Islam Terbaik Dunia, Kalahkan Universitas Kairo
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinobatkan sebagai perguruan tinggi Islam nomor satu di dunia versi Uni Rank. Foto/www.umm.ac.id
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinobatkan sebagai perguruan tinggi Islam nomor satu di dunia versi Uni Rank. Selain UMM, dua kampus Muhammadiyah lainnya juga masuk 10 Top Islamic Universities 2021. Keduanya, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, prestasi yang diraih perguruan tinggi Muhammadiyah ini benar-benar membanggakan.

Dia memberikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen Persyarikatan yang berkhidmat sepenuh komitmen, kesungguhan, pengorbanan,pengabdian, dan usaha yang tiada henti dalam spirit tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja yang nyata dan membanggakan.

“Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif, serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan Persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global," kata Haedar dalam rilis yang diterima MPI, Kamis (18/2/2021).

Secara lengkap, sepuluh teratas Universitas Islam dunia hasil uniRank tahun 2021 di antarnya (1) Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia, (2) Iran University of Science and Technology Iran, (3) Cairo University Egypt, (4) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Indonesia, (5) Umm Al-Qura University Saudi Arabia, (6) Shahid Beheshti University of Medical Sciences Iran, (7) Universiti Islam Antarabangsa Malaysia Malaysia, (8) Universitas Muhammadiyah Surakarta Indonesia, (9) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia, (10) Universitas Islam Indonesia.

Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar kampus Islam terbaik merujuk tiga faktor. Pertama, diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara.
Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh.



Haedar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah bekerjasama dengan Muhammadiyah untuk memajukan kehidupan bangsa dan kemanusiaan semesta.
Menurut dia, apa yang dilakukan Perguruan Tinggi dan Amal Usaha Muhammadiyah yang diakui secara nasional dan internasional membuktikan Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul menebar kebaikan bagi umat, bangsa, dan dunia.

"Muhammadiyah selalu berkontribusi yang konstruktif bagi kehidupan umat manusia kapan dan di manapun. Muhammadiyah sering hadir tidak gegap gempita, tetapi selalu terpanggil berbuat nyata yang memberi maslahat bagi kehidupan Bersama,” tuturnya.

Begitu juga di masa pandemi Covid-19 dan bencana alam yang sangat berat dihadapi bangsa ini. Di saat sulit seperti ini semua pihak meniscayakan kerja-kerja nyata yang maslahat. "Meski kerja di ruang senyap tanpa riuh rendah suara publik, tapi mampu memberi solusi untuk negeri," tuturnya.

Haedar berharap, anggota, kader, apalagi pimpinan Muhammadiyah di seluruh struktur dan tingkatan mesti menjadi uswah hasanah dalam meringankan warga yang terkena musibah Covid-19 dan bencana alam yang sangat berat serta berdampak luas bagi kehidupan maayarakat, utamanya masyarakat bawah.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)