Ornamen Header
UGM Kembali Raih Predikat Kampus Terbaik Nasional versi 4ICU 2021
UGM Kembali Raih Predikat Kampus Terbaik Nasional versi 4ICU 2021
Gerbang UGM. Foto/Dok Humas UGM
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 .

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan prestasi tersebut berhasil diraih berkat kerja keras seluruh sivitas akademika UGM dalam menjalankan berbagai tugas tridarma perguruan tinggi. Selain itu, juga tidak lepas dukungan dari para alumni (Kagama).

Baca juga: Mau Daftar Kelas Internasional IPB University, Ini Link dan Cara Daftarnya

“Kami bersyukur UGM kembali menempati peringkat satu di Indonesia 4ICU tahun ini,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Selasa (23/2/2021).



“Terima kasih pada seluruh keluarga besar UGM atas kerja yang sangat baik sehingga prestasi UGM terus meningkat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kagama, prestasi ini tak lepas dari dukungan alumni kepada almamaternya,” lanjutnya.

Setelah UGM, dalam daftar perguruan tinggi terbaik Indonesia versi 4ICU UniRank 2021 adalah Universitas Indonesia di urutan kedua. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih Universitas Diponegoro.

Baca juga: UNS Jadi PTN BH, Ini Pesan Dirjen Dikti Kemendikbud



“Semoga kontribusi UGM kepada masyarakat, bangsa, dan negara semakin meningkat,” harap Panut.

Sementara Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM Widyawan., Ph.D., mengatakan pemeringkatan universitas versi 4ICU dilakukan menggunakan UniRank Universitay Rangking.

Adapun penilaian berdasarkan sistem algaritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majstic Trust Flow.

Ditambahkannya, terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas di Indonesia untuk dapat masuk dalam pemeringkatan UniRank. Pertama, telah terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara.

Kedua, menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana. Terakhir, memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

“Pemeringkatan ini menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM dan jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id,” jelasnya.

Widyawan menyampaikan pemeringkatan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari 4ICU atas kinerja seluruh sivitas akademika UGM dalam memanfaatkan teknologi informasi baik di bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian. Artinya, terdapat pengakuan dari dunia internasional terhadap adopsi digital di UGM.

Pencapaian yang diperoleh ini disebutkan Widyawan dapat diraih berkat sejumlah pengembangan yang tak henti dilakukan oleh UGM. Pengembangan yang dilakukan tidak hanya pada infrastruktur teknologi informasi, tetapi juga mengembangkan konten-konten digital yang berkualitas.

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki. Sementara dalam pemeringkatan di tingkat nasional kali ini terdapat 577 universitas di Indonesia yang masuk dalam penilaian.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!