ITS Borong 13 Medali dan 2 Penghargaan di Ajang Internasional AISEEF

Rabu, 24 Februari 2021 - 23:18 WIB
loading...
ITS Borong 13 Medali dan 2 Penghargaan di Ajang Internasional AISEEF
ITS berhasil memborong 13 medali dan 2 penghargaan spesial pada ASEAN Innovation Science and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021. Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil memborong 13 medali dan 2 penghargaan spesial pada ASEAN Innovation Science and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021. AISEEF 2021 diikuti oleh 450 tim dari 19 negara.

Ke-13 medali yang dibawa pulang oleh ITS terdiri dari 8 medali emas, 2 perak, dan 3 perunggu yang terbagi ke dalam 4 kategori. Keempat kategori tersebut merupakan kompetisi yang menjadi kualifikasi utama dalam AISEEF 2021 dengan rincian yakni kategori Innovative Science, Environmental Science, Entrepreneur, dan Social Science.



Lebih rinci, penerima medali emas dalam ajang AISEEF 2021 didapatkan oleh Tim Coated Carbon Rod, Tim Environment and Human Safety Surveillance, Tim Sex Education Game (XEGA), Tim Dye Sensitized Smartphone Waste Environmental Solar Panel (D-ETALON), Tim Augmented Reality History Education Card Game (ARCADIA), Tim Filtration Bottle for Groundwater (FILBO), Tim E-Keramba, dan Tim Sustainable Storage Fish for Fisherman (STANTOFISH).

Sementara itu, untuk medali perak dibawa pulang oleh Tim the Utilization of Sagu Extract, Shrimp Shell Waste, and Guava Seed Leaf, dan Tim Global Millennial Group. Sedang medali perunggu disumbangkan oleh Tim Utilization of Thorium Small Molten Salt Reactor, Tim Karuna, dan Tim evOlution.

Tidak hanya ketiga jenis medali yang berhasil diraih, tim AISEEF dari ITS juga berhasil menyumbang penghargaan spesial berupa IYSA Special Award kepada Tim Coated Carbon Rod dan Special Award Malaysia Innovation, Invention, and Creativity Association (MIICA) kepada Tim ARCADIA.



Kepala Departemen Aktuaria ITS sekaligus salah satu dewan juri AISEEF 2021, Dr Soehardjoepri MSi, mengatakan pencapaian ITS di AISEEF 2021 merupakan sebuah berita yang menggembirakan. Dari keterangan Djoepri, sapaan akrabnya, ITS selalu konstan menyumbang banyak medali terutama medali emas.

“Hampir setiap tahunnya, tim mahasiswa ITS pasti menyumbang (medali) emas, dan medali emas biasanya lebih banyak daripada medali perak atau perunggu,” katanya melalui siaran pers, Rabu (24/2).

Dia pun bangga dengan torehan prestasi para mahasiswa ITS ini. Meskipun tengah berada di masa pendemi, mahasiwa ITS tidak tutup mata dan senantiasa dipenuhi dengan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan hal-hal baru. Dia sempat menyebut terkait peran dosen pembimbing yang tidak kalah berjasa dalam pencapaian yang didapatkan mahasiswanya.

Ajang AISEEF 2021 sendiri terselenggara atas kerjasama Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dengan Departemen Teknologi Pangan IPB, Departemen Gizi Undip, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Institut Internasional Indonesia untuk Ilmu Hayati (I3L), Yayasan Prestasi Pendidik Indonesia, dan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Malang Raya.

AISEEF 2021 ini diikuti 450 tim dari 19 negara di dunia yaitu Indonesia, Malaysia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, Sudan, Hong Kong, Filipina, Yaman, Brazil, Turki, Macau, Meksiko, Thailand, Macao, Iran, Nepal, Mesir, Irak, dan Azerbaijan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)