Radya, Mahasiswa Kedokteran UMM Bagikan Kiat Menang Kompetisi

Rabu, 03 Maret 2021 - 15:54 WIB
loading...
Radya, Mahasiswa Kedokteran UMM Bagikan Kiat Menang Kompetisi
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nama Radya Kusuma Ardianto. Foto/Dok/Humas UMM
A A A
JAKARTA - Nama Radya Kusuma Ardianto sudah tidak asing di telinga mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kepiawaiannya dalam memenangi berbagai lomba esai dan proposal di Pekan Kreativitas Mahasiswa membuatnya dikenal oleh berbagai kalangan.

Radya yang besar dari orang tua berlatarbelakang akademik bidang Bahasa dan Ekonomi ini, sejak kecil telah menunjukkan ketertarikannya pada Sains. Dimulai saat ia duduk di bangku sekolah dasar (SD), Radya mendapatkan dukungan besar dari gurunya untuk mengikuti lomba dari hasil riset sederhananya pada daun Binahong (Heartleaf Aderavine Madevine).



”Saya masih ingat sekali saat itu dia (Radya) masih duduk di bangku SD. Kemudian dia diajak gurunya untuk membuat riset sederhana dari daun Binahong dan menang. Dari situ dia terus ikut-ikut lomba lain, bidang Biologi khususnya,” cerita Arif Budi Wurianto, Ayah dari Radya.

Mahasiswa yang menerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini berkata jika motivasinya mengikuti berbagai perlombaan adalah terbukanya kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan menambah wawasan.

“Ketika mengikuti perlombaan saat SD mungkin yang ada di pikiran saya adalah mendapatkan hadiah. Namun semakin dewasa, semakin saya sadar bahwa mengikuti perlombaan merupakan sarana untuk mengembangkan diri. Selain itu, pada perlombaan kita juga bisa bertemu dengan banyak orang. Hal itu secara tidak langsung akan memperluas pemikiran kita,” kata mahasiswa kelahiran Malang tersebut.



Putra terakhir dari tiga bersaudara ini mengaku sedikit kesulitan dalam membagi waktu untuk perkuliahan dan lomba. Namun dirinya bersyukur dikelilingi oleh orang-orang yang selalu mendukung keputusannya dalam mengikuti perlombaan.

“Sebenarnya perlombaan tidak mengganggu perkuliahan saya karena lomba yang saya ambil sejalan dengan bidang saya di perkuliahan. Cuma saya memang tidak terlalu pandai dalam mengatur waktu. Untuk mengatasi hal tersebut, saya biasanya membuat target harian untuk mengerjakan esai yang akan saya lombakan,” ujar Radya.

Mahasiswa yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) 2020 ini memberikan tips dalam mengelola stres ketika terlalu banyak kegiatan. Radya bercerita ketika sudah jenuh, dirinya akan bermain badminton bersama teman-temannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)