UT Berikan Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa yang Lolos SNMPTN

Senin, 08 Maret 2021 - 13:18 WIB
loading...
UT Berikan Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa yang Lolos SNMPTN
Universitas Terbuka (UT) akan memberikan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa UT yang lolos pada SNMPTN 2021 ini. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) akan memberikan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa UT yang lolos pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 ini.

Rektor UT Ojat Darodjat mengatakan, sebagai komitmen UT untuk memperluas akses pendidikan maka UT memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA yang berkemampuan akademis namun tidak memiliki kemampuan ekonomi yang cukup. Hal ini diwujudkan dengan membuka jalur SNMPTN.



Ojat menjelaskan, dibukanya pintu SNMPTN ini merupakan terobosan baru agar misi UT memiliki 1 juta mahasiswa tercapai. "Sejak tahun 2020, UT diberi kesempatan untuk mengikuti SNMPTN tersebut. Kami memberi kesempatan untuk lulusan SMA yang ingin masuk lewat jalur SNMPTN," katanya pada diskusi secara daring.

Rektor Ojat menuturkan, pada tahun lalu jalur SNMPTN di UT dibuka untuk dua program studi yakni sistem informasi yang menerima 50 orang dan program studi teknologi pendidikan yang juga menerima mahasiswa baru dalam jumlah yang sama.
Untuk tahun ini, katanya, UT juga masih membuka jalur SNMPTN dan mahasiswa yang lolos juga diberi beasiswa penuh oleh UT. Tahun ini, katanya, UT membuka 2 prodi untuk SNMPTN yakni prodi ekonomi syariah dan sastra Inggris.

Dia menerangkan, untuk prodi ekonomi syariah yang mendaftar di SNMPTN mencapai 344 orang dan yang akan diseleksi untuk menerima beasiswa sebanyak 50 orang. Lalu untuk sastra Inggris jumlah yang mendaftar ada 189 orang dan akan diseleksi oleh UT sebanyak 50 orang.



"Mereka adalah anak-anak berprestasi yang sangat bagus jika bisa diterima semua. Tetapi yang akan diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh dari kita adalah 100 orang," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)