IPB University Mulai Vaksinasi Dosen dan Tenaga Pendidik

Senin, 08 Maret 2021 - 20:37 WIB
loading...
IPB University Mulai Vaksinasi Dosen dan Tenaga Pendidik
Suasana vaksinasi yang dilakukan di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Foto/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University bersama Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan vaksinasi pencegahan infeksi Covid-19 bagi pendidik di Kota Bogor. Vaksinasi dilakukan selama tiga hari dalam pekan ini dan akan dilanjutkan tiga hari lagi untuk vaksinasi kedua pada dua minggu yang akan datang.

“Alhamdulillah hari ini kita vaksinasi para dosen dan tenaga kependidikan di IPB University yang berdomisili di Kota Bogor. Kami sedang menunggu juga vaksinasi untuk yang berdomisili Kabupaten Bogor,” ujar Rektor IPB University Prof Arif Satria melalui siaran pers, Senin (8/3). “Semoga dalam waktu dekat semua dosen dan tenaga kependidikan di IPB University bisa divaksinasi,” harapnya.



Vaksinasi hari pertama ini, Senin (8/3) bertempat di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Vaksinasi diberikan kepada 1.600 orang, baik dosen maupun tenaga kependidikan. Sekurangnya ada 1.479 orang dari IPB University, 50 orang dari Universitas Ibnu Khaldun dan 71 orang dari Universitas Pakuan.

Tak hanya dosen dan tenaga kependidikan, vaksinasi juga diberikan untuk para guru SD, SMP dan SMA di Kota Bogor. Koordinator Vaksinator Klinik IPB University, dr Naufal Muharam Nurdin mengatakan, ada sekitar 1.600 orang yang akan divaksin setiap harinya.

Ia menerangkan, vaksinasi akan dilakukan dua dosis dengan dibantu tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor. “Pada dosis pertama, imunnya belum terbentuk secara sempurna, dosis kedua kita sebut sebagai booster sehingga diharapkan dapat memperkuat imun kita dalam memproduksi antibodi. Antibodi inilah yang mencegah virus bisa menginfeksi,” terang dr Naufal.



Untuk dosis kedua dilakukan setelah 14 hari ke depan bagi yang berusia di bawah 60 tahun. Sementara bagi yang usianya 60 tahun ke atas, dosis kedua diberikan setelah empat minggu kemudian.

Dia juga meyakinkan masyarakat agar tidak ragu atau takut untuk divaksin. Vaksin memang mungkin dapat menimbulkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berupa reaksi alergi ringan (seperti merah atau gatal), atau berat (seperti sesak nafas hingga syok anafilaktik).

Namun, ia menegaskan, secara umum vaksinasi ini aman. “Sejauh ini sudah ada 2,2 juta orang yang telah mendapat vaksinasi (data sampai 4 maret) dan belum dilaporkan muncul gejala berat. Dengan vaksinasi kita bisa mengurangi kasus yang ada dan mengurangi jumlah sumber infeksi,” kata dr Naufal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9788 seconds (0.1#10.140)