Ketua DPD Berharap Kampus Mampu Cetak Banyak Wirausahawan

Kamis, 11 Maret 2021 - 15:01 WIB
loading...
Ketua DPD Berharap Kampus Mampu Cetak Banyak Wirausahawan
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, berharap perguruan tinggi bisa mencetak banyak wirausahawan untuk memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

La Nyalla memberikan apresiasi kepada Universitas Negeri Makassar dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang melaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi dosen Kewirausaahan lingkup Universitas Negeri Makassar.

Menurut La Nyalla, kampus merupakan sumber dari segala sumber ilmu dan kreativitas. "Dari kampus lah kemajuan dan peradaban suatu bangsa berasal. Di kampus tumbuh riset dan karya ilmiah, dan di kampus pula tumbuh gagasan-gagasan untuk memajukan bangsa. Majunya kampus bisa menjadi indikasi majunya sebuah bangsa," kata La Nyalla, Kamis (11/3/2021).

Pandangan Senator asal Jawa Timur ini sejalan dengan langkah inovatif Universitas Negeri Makassar dan BSN melaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi dosen Kewirausaahan. Kendatipun hanya di lingkup kampus

"Mata kuliah kewirausahaan sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU), sebenarnya sangat penting. Karena sebagai fondasi dalam implementasi ilmu pengetahuan para sarjana nantinya," ujarnya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu mengatakan, wirausaha merupakan langkah awal setiap individu dalam mengasah kemampuan dan pengembangan dirinya di tengah-tengah masyarakat

Dia mengatakan, melalui pelatihan ini kampus dapat menyelaraskan kurikulum mata kuliah kewirausahaan dengan standarisasi barang dan jasa, baik skala nasional maupun internasional.

La Nyalla pun menilai kegiatan ini sebagai sebuah langkah awal. Ke depan diharapkan hadir inovasi-inovasi penerapan kurikulum perguruan tinggi.

"Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan riil untuk menyelaraskan dengan prodi atau jurusan masing-masing seperti pelatihan, FGD dan juga praktik langsung melalui kerja sama dengan lembaga lain yang related," ujar mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)