Sinergi dengan Dunia Kerja, 895 SMK Disiapkan Jadi 'SMK Pusat Keunggulan'

Kamis, 18 Maret 2021 - 11:39 WIB
loading...
Sinergi dengan Dunia Kerja, 895 SMK Disiapkan Jadi SMK Pusat Keunggulan
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tengah mengikuti program magang di dunia industri. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-8 yakni SMK Pusat Keunggulan. Melalui program ini ada 895 SMK yang akan menjadi SMK Pusat Keunggulan .

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja.



Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

“Untuk mencapai visi tersebut, keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh,” katanya melalui siaran pers, Kamis (18/3).

Mendikbud menuturkan, SMK Pusat Keunggulan 2021 diprioritaskan untuk 895 SMK. Dia menuturkan, ada 7 sektor prioritas SMK Pusat Keunggulan. Diantaranya ekonomi kreatif, permesinan dan konstruksi, hospitality, care services, maritim, pertanian, dan kerja sama luar negeri.



“Semoga ini adalah awal dan dapat menjadi benih tranformasi SMK kita se-Indonesia. Sehingga kami harap SMK yang berpartisipasi bisa menjadi pelatih dan mentor yang mampu menunjukkan karya dan inovasi lulusan SMK sehingga diperebutkan oleh pelaku industri maupun dan universitas terbaik kita,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)