Sediakan 24 Prodi, Begini Cara Daftar Sekolah Vokasi UNS

Rabu, 31 Maret 2021 - 14:36 WIB
loading...
Sediakan 24 Prodi, Begini Cara Daftar Sekolah Vokasi UNS
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyediakan 24 program studi di Sekolah Vokasi (SV) UNS. UNS pun menyediakan informasi mengenai bagaimana cara mahasiswa baru mendaftar pada SV UNS tersebut.

Dekan SV UNS Drs. Santoso Tri Hananto menjelaskan, saat ini SV UNS terdiri atas 24 Prodi di kampus Solo. Sebanyak dua prodi berstatus D4, sedangkan sisanya D3. Perbedaan status ini juga berbeda cara pendaftarannya.



“Di SV UNS saat ini ada 24 Prodi. Dua Prodi itu D4 dan sudah masuk LTMPT (Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi) jadi bisa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sudah bisa diakomodasi di sana,” terangnya seperti dikutip dari laman UNS di uns.ac.id, Rabu (31/3).

Namun demikian, 22 Prodi SV UNS yang berstatus D3 masih belum diakomodasi pada lembaga nasional tersebut. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono mengatakan, Prodi D3 hanya bisa didaftar melalui Seleksi Mandiri yang diadakan UNS.

Saat ini Seleksi Mandiri UNS memiliki 5 jalur. Pertama, Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) yakni jalur penerimaan mahasiswa baru UNS melalui penelusuran bibit unggul lulusan SMA/MA/SMK/MAK paling lama 3 tahun terakhir yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik (Bidang penalaran, bidang minat dan bakat, serta bidang keagamaan).



Para lulusan SMA sederajat yang memiliki hafalan alquran atau Al-Kitab difasilitasi dalam seleksi jalur ini.

Sebagai informasi, pendaftaran SMJP sedang berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Jika tertarik mendaftar pada jalur ini, siswa hanya perlu menyiapkan dokumen berupa rapor SMA mulai semester 1 hingga semester 5, siswa SMK 4 tahun yakni rapor semester 1 hingga semester 7, atau siswa akselerasi yakni rapor semester 1 hingga semester 4.

Pendaftar juga harus melampirkan dokumen prestasi berupa sertifikat kejuaraan atau sertifikat Hafizul Quran atau hafalan Al-Kitab. Hasil seleksi SMJP akan diumumkan pada 15 Juni 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4416 seconds (0.1#10.140)