Gak Lolos SNMPTN? Tenang, Metode Ini Paling Efektif untuk Lulus UTBK-SBMPTN

Rabu, 31 Maret 2021 - 23:09 WIB
loading...
Gak Lolos SNMPTN? Tenang, Metode Ini Paling Efektif untuk Lulus UTBK-SBMPTN
LTMPT terus mengimbau agar siswa segera melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN. Sebab pendaftaran akan ditutup pada 1 April mendatang. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada Senin (22/3) kemarin. Dari 595.093 peserta yang diseleksi, terdapat 110.459 calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNMPTN di tahun ajaran 2020/2021.

Ada beberapa jalur untuk masuk ke PTN impian. Selain SNMPTN yang memiliki kuota penerimaan minimum sebesar 20%, siswa juga masih berkesempatan untuk masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memiliki kuota sebesar 40% dan seleksi mandiri sebesar 30%.



Tahun 2020, Zenius,platform belajar online berbasis aplikasi ini melaporkan lebih dari 15.000 penggunanya yang menyatakan lulus UTBK. Sementara itu, setelah pengumuman SNMPTN kemarin, jumlah siswa kelas 12 yang mengakses konten UTBK di platform Zenius mengalami kenaikan sebesar dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu.

"Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat UTBK-SBMPTN gelombang pertama akan segera dilaksanakan dalam tiga minggu ke depan," jelas CEO Zenius Rohan Monga dalam keterangan elektronik yang diterima SINDOnews, Rabu (31/3/2021).
Gak Lolos SNMPTN? Tenang, Metode Ini Paling Efektif untuk Lulus UTBK-SBMPTN

Syarat utama untuk mengikuti SBMPTN adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah dibuka semenjak 15 Maret lalu dan akan ditutup pada 1 April nanti. Sementara UTBK Gelombang I akan digelar pada 12-18 April 2021, dan Gelombang II pada 26 April-2 Mei 2021.



Artinya, para siswa hanya punya waktu kurang dari tiga minggu atau satu bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Lantas, apa yang bisa dilakukan dalam kurun waktu yang singkat tersebut?

Bagaimana para siswa harus mempersiapkan diri dalam waktu yang singkat ini?

Latihan soal UTBK tahun sebelumnya
Langkah pertama adalah melakukan latihan soal UTBK tahun lalu. Kenapa? Agar para siswa mengerti tingkat kesulitan soal-soal UTBK seperti apa, dan mereka bisa mengukur kesiapan diri mereka sudah sejauh mana. Setelah latihan, mereka juga disarankan untuk melihat pembahasan soal, karena banyak sekali jebakan dalam soal-soal UTBK.

Elaborasi bahan materi
Langkah selanjutnya adalah elaborasi seluruh bahan materi yang perlu dipelajari. Artinya, para siswa harus mengupas tuntas bahan materi UTBK itu sebenarnya sebanyak apa, terutama untuk Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif. Para siswa harus bisa mendalami semua konsep dan dasar teori dari semua materi TPS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)