Gak Lolos SNMPTN? Tenang, Metode Ini Paling Efektif untuk Lulus UTBK-SBMPTN

Rabu, 31 Maret 2021 - 23:09 WIB
loading...
A A A
Deliberate practice
Apa itu deliberate practice? Deliberate practice adalah latihan sesuatu yang siswa rasa kuang atau sulit secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar mengerti dan bisa. Siswa harus mencari titik kelemahan mereka, lalu terus gali titik kelemahan tersebut melalui banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut.

Ikut try out
Setelah para siswa mempelajari seluruh materi dan melakukan banyak latihan soal, mereka boleh mencoba latihan soal campuran dengan melakukan try out UTBK. Setelah hasilnya keluar, mereka juga harus mengevaluasi kelemahannya, lalu review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal lagi sampai materi tersebut benar-benar dikuasai.

Membuat jadwal belajar
Membuat jadwal untuk seluruh poin-poin di atas. Dengan waktu singkat yang tersisa sampai UTBK, siswa harus mengalokasikan waktu kapan mereka harus melakukan latihan soal, kapan harus elaborasi bahan materi, kapan harus ikut try out, dan berapa lama waktu yang dialokasikan untuk sesi-sesi tersebut. Jangan lupa untuk menerapkan metode spaced repetition dalam metode belajar, karena proses pembelajaran yang singkat dan kuat dengan jeda yang cukup lebih efektif daripada sesi belajar yang panjang.

"Tidak lolos SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada cara untuk masuk PTN impian. Zenius akan terus membantu para siswa dalam belajar melalui konten berkualitas dan implementasi teknologi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, dan asyik," pungkas Rohan Monga.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)