Dies Natalis Ke-23, IT-PLN Pamerkan Sejumlah Inovasi Teknologi Tepat Guna

Kamis, 01 April 2021 - 23:01 WIB
loading...
Dies Natalis Ke-23, IT-PLN Pamerkan Sejumlah Inovasi Teknologi Tepat Guna
kampus Institut Teknologi (IT) PLN. Foto/Dok/Humas IT PLN
A A A
JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) , Zulkifli Zaini, dalam acara Dies Natalis Ke- 23 IT-PLN mengatakan, berbagai inovasi telah lahir dari kampus Institut Teknologi (IT) PLN . Salah satunya, Inovasi Teknologi Pengamanan Stroom.

"Inovasi dari Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) yang bersulih menjadi IT-PLN pada 2020 tersebut, dapat digunakan untuk menghindari kontak langsung terhadap aliran listrik di saat banjir. Inovasi ini bekerja sama dengan TPT CO., LTD. Korea," kata Zulkifli dalam keterangan pers, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Pakar IPB University Beberkan Tanaman Herbal Berkhasiat Penyembuh Asam Urat

Zulkifli mengatakan, STT PLN yang telah 23 tahun berdiri dan kini bernama IT PLN, hasil penelitian dan inovasinya terus meningkat. Penelitian ini didanai dari pihak kampus.

Ia mendukung IT-PLN untuk terus melahirkan inovasi serta mengembangkan berbagai teknologi tepat guna. Ia juga menyampaikan selamat atas peningkatan status kampus yang berada di bawah perusahaan pelat merah stroom ini.

Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; para direksi PLN dan anak perusahannya, Duta Besar RI untuk Panama City, stakeholders, serta tokoh dan masyarakat pemerhati ketenagalistrikan menyampaikan ucapan selamat dan dukungan kepada IT-PLN.

Baca juga: Garap Startup Flip.id, Alumni Fasilkom UI Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan (Gatrik) Rida Mulyana, menyampaikan orasi Ilmiah yang berjudul "Ketenagalistrikan di Bidang Pendidikan Tinggi". Ia mengharapkan, perguruan tinggi menggagas ketenagalistrikan berbasis lingkungan dan mengembangkan teknologi.

Dies natalis ini juga menampilkan eksebisi karya mahasiswa dan alumni IT PLN serta dan talkshow. Salah satu karya alumni yang ditampilkan adalah sepeda listrik dengan mengusung konsep vintage chopper electric bike.

Sepeda listrik tersebut diberi nama Matric-B, singkatan dari Mbojo Electric–Bicycle. Ini merupakan karya Maman Sulaeman, alumni yang kini menjabat Manajer PT PLN (Persero) UP3 Bima. Dia menciptakan Matric-B bersama Saifulloh Hafidz.

Baca juga: Wisuda 316 Sarjana, Universitas Pertamina Lahirkan Lulusan Siap Kerja Siap Pakai

Matric-B memiliki daya 1.000 Watt. Berbeda dengan sepeda listrik umumnya yang menggunakan kering, Matric-B menggunakan baterai lithium yang memiliki daya baterai yang panjang dan bisa diganti. Matric-B menggunakan lampu LED sehingga aman saat digunakan pada malam hari.

Sementara itu, mahasiswa IT-PLN memberikan persembahan inovasinya berupa mobil listrik. pada tahap awal, kecepatannya 56km per jam dan generasi pertama dibuat tanggal 10 Desember 2017. Generasi keduaya digagas tahun 2020, dan saat ini tengah memulai generasi ketiga.

Selain mobil listrik, ada kegiatan aeromodeling dan juga perahu cepat. dengan berbagai macam inovasi mahasiswa diharapkan dapat menambah ide dan gagasan yang cemerlang guna mencapai peningkatan teknologi dari Kampus IT-PLN.

Acara Dies Natalis dihelat secara hibrid, yakni daring dan luring. Acara dipusatkan di Ruang Pembangkit yang merupakan ruang pertemuan baru berkonsep teater dengan sistem teknologi audio video yang sangat baik guna mendukung pembelajaran dan juga penyampaian seminar serta Inovasi yang dihasilkan IT–PLN sehingga bisa meningkatkan semangat para Civitas Akademika IT-PLN dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ruang Pembangkit ini juga diresmikan pada saat Dies Natalis ke-23 IT-PLN. Ruangan ini merupakan bantuan dari PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Sumberenergi Sakti Prima (SSP), dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P). Dengan adanya ruang pembangkit ini, dapat meningkatkan semangat dalam berinovasi, dan juga dapat sebagai wadah dalam penyampaian produk inovasi dan sebagai ruang diskusi.

Serangkaian kegiatan Dies Natalis 23 IT-PLN dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret–1 April 2021 dengan melakukan beberapa kegiatan, yaitu Virtual run dan virtual cycle, kegiatan sosial yang dikemas dalam bentuk charity with love berbagi ke beberapa panti asuhan anak yatim piatu.

Pada acara puncak menampilkan eksebisi inovasi alumni dan mahasiswa, orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dirjen Gatrik, pemberian penghargaan yang disampaikan oleh Rektor IT-PLN kepada para mantan pemimpin IT-PLN, yaitu Ir. Djiteng Marsudi (Ketua STT-PLN 2002-2010) dan Dr. Ir. Supriadi Legino (Ketua STT-PLN 2011-2019), serta almarhum Supanca Siswamartana sebagai inovator dalam sistem informasi pertama untuk kampus IT-PLN.

Adapun sharing session dibawakan oleh praktisi dan alumni mengangkat tema Dunia Kewirausahaan & Dunia Kerja di Era Revolusi Industri 4.0.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1129 seconds (10.177#12.26)