Dubes Al Busyra Basnur:Potensi Kerja Sama Kampus Indonesia-Ethiopia Sangat Besar

Senin, 05 April 2021 - 11:43 WIB
loading...
Dubes Al Busyra Basnur:Potensi Kerja Sama Kampus Indonesia-Ethiopia Sangat Besar
Duta Besar LBPP RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur.Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Peluang kerja sama dibidang pendidikan tinggi semakin terbuka lebar. Tidak hanya dengan perguruan tinggi di belahan benua Eropa, Asia, ataupun Amerika namun juga ke benua Afrika. Salah satunya adalah dengan negara Ethiopia .

Duta Besar LBPP RI untuk Ethiopia , Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan, Indonesia dan Ethiopia memiliki potensi dan peluang kerja sama yang sangat besar dalam dunia pendidikan. "Terutama antara perguruan tinggi kedua negara," katanya melalui siaran Youtube The B Siblings, Senin (5/4).



Dubes Al Busyra Basnur melanjutkan, dia pernah berkunjung ke salah satu perguruan tinggi di Ethiopia yakni Adama Science and Technology University dan berdiskusi dengan rektornya yakni Dr Lemi Guta Enyadane pada Januari 2021 lalu.

Untuk membuka peluang kerja sama perguruan tinggi di Ethiopia, terutama dengan Adama maka Dubes Al Busyra Basnur pun pulang ke Indonesia untuk bertemu dan berkomunikasi langsung dengan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di tanah air.

"Dan ternyata gayung bersambut. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang ingin sekali mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi di Ethiopia," terangnya.



Tidak kalah menarik, ujarnya, setelah kunjungannya ke Adama pada Januari 2021 lalu ditayangkan di Youtube The B Siblings, perguruan tinggi di Indonesia langsung menghubungi Adama untuk menjajaki kerja sama.

"Memang inilah salah satu peran yang luar biasa dari channel Youtube The B Siblings yaitu sebagai jembatan, pembuka wawasan, dan penyampai informasi penting kepada publik," ujarnya.

Disisi lain, lanjut Dubes Al Busyra Basnur, tepat di tahun 2021 ini 60 tahun lamanya hubungan diplomatik Indonesia dengan Ethiopia terjalin. Menurutnya, banyak acara dan kegiatan yang akan diselenggarakan bersama untuk merayakan dan memperingati 60 tahun hubungan kedua negara.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)