Ornamen Header
Ingat! Ini Dokumen yang Harus Dibawa Calon Mahasiswa Saat Hari H UTBK SBMPTN
Ingat! Ini Dokumen yang Harus Dibawa Calon Mahasiswa Saat Hari H UTBK SBMPTN
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta kepada calon mahasiswa agar mempersiapkan diri dan dokumen sebelum UTBK SBMPTN berlangsung. Foto/Ist
JAKARTA - Tes calon mahasiswa baru menuju PTN favoritnya akan segera berlangsung Senin mendatang. Selain mendalami materi ada beberapa persiapan yang harus dipenuhi saat Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) berlangsung nantinya.

Dikutip dari instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di @ltmptofficial, Kamis (8/4), LTMPT menulis setelah melalui persiapan panjang, akhirnya tes yang dinantikan datang juga.

Baca juga: Ini Tips Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN dari LTMPT

Namun selain melakukan persiapan pada hari-hari sebelumnya, Calon Mahasiswa Indonesia juga perlu memahami beberapa tips pada saat hari H mengikuti UTBK 2021.

Pastikan Calon Mahasiswa mempersiapkan diri dan seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk dibawa pada saat hari H. Jangan sampai ada yang tertinggal yaa!



Berikut ini adalah tips saat hari H mengikuti UTBK dari LTMPT:

1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat.
2. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu
3.Sudah makan dan minum

Baca juga: Tegas, Mendikbud akan Evaluasi Perguruan Tinggi yang Tak Penuhi 8 Standar Ini

4. Bawa seluruh dokumen yang disyaratkan:
A. Kartu Tanda Peserta UTBK SBMPTN 2021
B. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020, atau
C. Surat Keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah dan pasfoto berwarna siswa terbaru (ukuran bebas) bagi angkatan 2021.
D. Identitas diri lain seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar
5. Pastikan menggunakan masker (wajib), faceshield (dianjurkan) dan sarung tangan (jika diinginkan).

Sebelumnya LTMPT menginfokan, Gelombang 1 UTBK SBMPTN 2021 akan dilaksanakan pada 12 sampai 18 April 2021 dan Gelombang 2 akan dilaksanakan pada 26 sampai 30 April 2021 serta 1 dan 2 Mei 2021.



Pada sesi Gelombang 2, Pusat UTBK UI, UNJ dan UPN Jakarta ditambah waktu pelaksanaanya. Yaitu pada 3-4 Mei 2021 sebanyak 4 sesi dan Pusat UTBK Unsulbar pada 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi.

Kedua, sebagaimana telah disampaikan pada awal sosialisasi akan ada penyesuaian jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 untuk beberapa wilayah. Hal ini terkait dengan waktu ibadah.

Berikut adalah waktu penyesuaian jadwal UBTK SBMPTN 2021:

a. Jadwal UTBK SBMPTN 2021 Kelompok Ujian Campuran tidak ada perubahan.
b. Jadwal UTBK SBMPTN 2021 Kelompok Ujian Sainstek atau Soshum pada hari Senin sampai dengan Kamis serta Sabtu dan Minggu (kecuali Jumat) baik sesi pagi maupun siang tidak ada perubahan.
Kecuali untuk daerah-daerah yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Khusus daerah-daerah yang termasuk WIB semula dimulai pukul 12.30 sampai dengan 16.15 WIB diundur menjadi dimulai pukul 13.00 sampai dengan 16.35 WIB.
c. Jadwal UTBK SBMPTN 2021 Kelompok Ujian Sainstek atau Soshum khusus pada hari Jumat pada sesi siang untuk daerah-daerah yang termasuk WIB ada perubahan. Semula dimulai pukul 12.30 WIB sampai dengan 16.15 WIB diundur menjadi dimulai pukul 13.45 WIB sampai dengan 17.20 WIB.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!