Ornamen Header
Beasiswa ADik Kemendikbud Segera Dibuka, Cek Syaratnya
Beasiswa ADik Kemendikbud Segera Dibuka, Cek Syaratnya
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera membuka pendaftaran beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera membuka pendaftaran beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Beasiswa ini ditujukan untuk pelajar di Papua dan Papua Barat, siswa di daerah khusus atau 3T dan juga untuk anak-anak TKI.

Dikutip dari laman resmi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud di puslapdik.kemdikbud.go.id, Sabtu (17/4), Puslapdik memberikan informasi Beasiswa ADik ini, pada tahun 2021 saat ini dibuka mulai 19 April sampai 14 Mei 2021.

Baca juga: Beasiswa PMDSU, Buka Harapan Menjadi Ilmuwan Muda

Beasiswa ADik merupakan bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.

Skema bantuan beasiswa ADik tahun 2021 terdiri atas beasiswa ADik untuk siswa asal Papua dan Papua Barat, siswa asal wilayah dari daerah Khusus atau 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) dan siswa asal anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI).



Namun, untuk mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, dilakukan dengan skema bantuan afirmasi secara penuh, baik dalam seleksi dan pembiayaan. Sedangkan untuk siswa asal daerah khusus (3T) dan anak TKI, mengikuti skema seleksi ADik, namun pembiayaan mengikuti skema KIP Kuliah.

Baca juga: UIN Jakarta Berikan Beasiswa ke Mahasiswa Terdampak Covid-19

Dengan skema tersebut, maka diharapkan mahasiswa yang diberikan bantuan beasiswa dari wilayah khusus dan anak TKI diprioritaskan berasal dari keluarga tidak mampu sesuai dengan syarat penerimaan KIP Kuliah.

Perguruan tinggi yang dipilih adalah perguruan tinggi yang berada di luar Propinsi Papua dan Papua Barat, seperti di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan sebagainya.

Peserta ADik yang sudah mengikuti ADEM atau Afirmasi Pendidikan Menengah tetap harus melalui proses seleksi. Peserta ADik diajukan oleh pemerintah provinsi melalui dinas pendidikan kabupaten/ kota.



Dalam skema ADik ini, mahasiswa terpilih akan memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dananya langsung dikirim ke perguruan tinggi. Mahasiswa juga akan memperoleh bantuan biaya hidup setiap bulannya selama menempuh pendidikan.

Khusus untuk mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, juga diberikan bantuan berupa biaya transportasi keberangkatan dari daerah asal ke perguruan tinggi.

Bagi para pelajar di Papua dan Papua Barat, di daerah 3 T dan anak-anak TKI yang menginginkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa berkunjung ke https://adik.kemdikbud.go.id/ .
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!