Ornamen Header
Beasiswa PMDSU, Buka Harapan Menjadi Ilmuwan Muda
Beasiswa PMDSU, Buka Harapan Menjadi Ilmuwan Muda
Suhendra Pakpahan, penerima beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Batch 1 pada 2013 . Foto/Ditjen Dikti Kemendikbud
JAKARTA - Keinginan belajar yang tinggi membuat Suhendra Pakpahan, pria asal Desa Sirisirisi, Doloksanggul, Medan, Sumatera Utara, berhasil meraih gelar doktor melalui Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Batch 1 pada 2013.

Hendra menuntut ilmu untuk S1 di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara . Setelah menyelesaikan jenjang S1, ia melanjutkan kesibukannya dengan bekerja di sebuah perusahaan.

Baca juga: Adik Bungsu Menko Polhukam Mahfud MD Maju Pemilihan Rektor Unitomo Surabaya

Karena rasa ingin tahunya yang tinggi dan masih haus akan ilmu, Hendra kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program beasiswa PMDSU dengan berbagai persyaratan dan seleksi yang tentunya sudah dilalui.

Informasi PMDSU didapatnya melalui salah satu rekan saat kuliah. Namun pada saat itu karena program tersebut baru saja diluncurkan masih ada beberapa informasi yang kurang dapat dipahami. Sempat merasa bingung dan pasrah, Hendra pun tetap menunggu hasil tersebut hingga akhirnya dinyatakan lolos.



Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi pilihan Hendra untuk melanjutkan pendidikannya. Hal tersebut karena saat menempuh S1 di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, ia mengambil Program Studi Peternakan.

Baca juga: Unpad Buka Rekrutmen Dosen Berkualitas, Ini Syaratnya

Karena menurutnya kedua bidang tersebut masih sejalan, maka ia memutuskan mendaftar di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Bagi pria kelahiran 1988 ini, kuliah di Yogyakarta merupakan salah satu impiannya.

Setelah 3 bulan penantian dan kemudian dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa program PMDSU, ia pun segera mempersiapkan diri untuk berangkat ke kota pelajar tersebut untuk melakukan daftar ulang dan tes mandiri dari kampus.

Selama menjadi penerima beasiswa PMDSU, ia mendapat banyak teman baru dari berbagai kampus di pulau Jawa. Pasalnya, pada saat itu program ini hanya bekerja sama dengan kampus di wilayah pulau Jawa saja. Adapun total penerima beasiswa program beasiswa PMDSU Batch 1 sebanyak 57 orang.



Baca juga: Ini Tips Mengatur Pola Makan Saat Puasa dari Ahli Gizi UNAIR

Program beasiswa PMDSU ini merupakan kesempatan emas bagi Hendra, karena dari segi pemahaman ilmu pengetahuan yang didapatkan memberikan pengalaman menarik melebihi jenjang pendidikan sebelumnya.

“Saya bersyukur menjadi bagian dari PMDSU Batch 1 ini. Pada awalnya cukup berat tapi setelahnya menjadi lebih banyak mengetahui mengenai dunia luar serta berkolaborasi dengan pendidikan luar,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (16/4).
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!