Ornamen Header
Catat, Hasil UTBK-SBMPTN 2021 akan Diumumkan Serentak pada 14 Juni
Catat, Hasil UTBK-SBMPTN 2021 akan Diumumkan Serentak pada 14 Juni
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021 Gelombang 1 sudah merampungkan ujiannya pada 18 April. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2021 akan memasuki garis akhir. Calon mahasiswa yang menjadi peserta tes Gelombang 1 sudah merampungkan ujiannya pada 18 April. Kini para peserta Gelombang 2 pun tengah bersiap untuk menjalani ujian.

SBMPTN sendiri proses seleksinya menggunakan UTBK sejak 2019 lalu yang menjadi syarat utama mengikuti seleksi bersama masuk PTN, PTKIN dan juga Politeknik negeri.

Baca juga: Ini Prospek Karier Lulusan Game Application and Technology

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun.

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 yakni:



1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Baca juga: Pancasila dan Bahasa Indonesia Raib, P2G: Ada Keteledoran Tim Penyusun

Prosesnya sendiri telah dimulai sejak Februari sampai Maret dengan terlebih dulu melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dilanjutkan dengan masa pendaftaran UTBK SBMPTN pada 15 Maret-1 April.

Kemudian pada 12 sampai 18 April telah dilaksanakan UTBK Gelombang 1. Kemudian nanti pada 26 April sampai dengan 2 Mei akan digelar pelaksanaan UTBK Gelombang 2 di 74 Pusat UTBK yang telah ditetapkan LTMPT.

Lalu setelah dua gelombang ujian itu selesai, kapan hasilnya akan diumumkan? Mengutip dari instagram resmi @ltmptofficial, Senin (19/4), LTMPT menulis bagi teman-teman yang sudah melaksanakan UTBK, hasil UTBK-SBMPTN akan diumumkan serentak pada Senin, 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.



LTMPT pun meminta agar semua peserta untuk tetap semangat dan juga terus berdoa untuk mendapat hasil yang terbaik.

LTMPT juga menginfokan bahwa masih ada 3 hari perubahan jadwal UTBK SBMPTN 2021 di Pusat UTBK Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang untuk Gelombang 1. Yakni pada 19-21 April.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!