Ini Tips Meraih Beasiswa Humphrey Fellowship Program di AS, Cek Link Pendaftaran

Kamis, 22 April 2021 - 07:26 WIB
loading...
Ini Tips Meraih Beasiswa Humphrey Fellowship Program di AS, Cek Link Pendaftaran
Beasiswa Hubert H. Humphrey Fellowship Program menawarkan kembali kesempatan peningkatan profesionalisme di Amerika Serikat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) melalui beasiswa Hubert H. Humphrey Fellowship Program menawarkan kembali kesempatan peningkatan profesionalisme di Amerika Serikat.

Uniknya beasiswa Humphrey, ditujukan bagi profesional level karir menengah yang sudah memiliki pengalaman kerja 5 tahun dan sedang dalam posisi memimpin di institusinya, serta bekerja di sektor pemerintahan, publik, swasta nonprofit, LSM, atau jurnalistik.



"Ini bukan program sertifikasi, atau program bergelar tapi memberikan kebebasan bagi saya untuk mendesain program kerja yang saya lakukan sesuai dengan minat (dan kebutuhan) saya," kata salah seorang penerima beasiswa Humphrey, Pramudhita Puteri dalam AMINEF-Fulbright Indonesia Online Series Information Session Humphrey Fellowship Program.

Pramudhita turut membagikan tips saat meraih beasiswa Humphrey tersebut. Menurutnya, kunci kekuatan lolos beasiswa ini ialah saat membuat esai. "Penulisan esai menjadi yang paling penting buat saya. Dibikin langsung to the point, maksud dan tujuannya jelas dan menarik," kata Pramudhita.

Sisanya, menurut ybs, adalah menyiapkan berbagai persyaratan. Seperti skor TOEFL, surat rekomendasi dari atasan maupun mentor profesional, transkrip nilai dan ijasah, dokumen identitas hingga curriculum vitae.



Segudang pengalaman menjalani program Humphrey di Michigan State University diraih Pramudhita. Selama menjalani program ini, Pramudhita mengaku mendapat berbagai kegiatan pelatihan.

Mulai dari kunjungan lapangan, workshop, serta proyek khusus yang memberi pengalaman praktek dalam bidang profesional masing-masing. Dan seluruh biaya hidup selama dua semester menjalani program, tunjangan buku hingga kebutuhan studi telah ditanggung.

"Jadi memang memberikan pengalaman baru dan menunjang pekerjaan saya," ujar Analisis Kompetensi dan Asesor Biro Sumber Daya Manusia Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut.

Pengalaman yang diberikan melalui beasiswa Humphrey itulah yang menurut Pramudhita tidak diberikan oleh beasiswa lainnya. "Kami di sini memang tak hanya belajar tapi juga diberikan waktu untuk eksplorasi, memperluas wawasan mengenai organisasi, dan membangun relasi," tutupnya.

Batas waktu melamar beasiswa Humphrey sampai 31 Mei 2021. Keterangan lengkap di https://www.aminef.or.id.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)