Unpad Bertahan di 10 Besar Peringkat THE Impact Rankings di Indonesia

Jum'at, 23 April 2021 - 08:24 WIB
loading...
Unpad Bertahan di 10 Besar Peringkat THE Impact Rankings di Indonesia
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - The Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan THE Impact Rankings 2021 pada Rabu (21/4) lalu. Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali masuk ke dalam 10 besar peringkat nasional.

THE Impact Rankings merupakan penilaian atas kinerja perguruan tinggi dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Penilaian dilihat dari sejauh mana aktivitas tridarma perguruan tinggi memiliki relevansi dengan 17 tujuan yang ditetapkan dalam SDGs.



Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny, dr. M. Kes., AIFO., PhD., menjelaskan, tahun ini, THE Impact Rankings menilai 1.115 perguruan tinggi dari 94 negara di dunia. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana penilaian dilakukan kepada 766 universitas dari 85 negara.

“Pemeringkatan SDGs penilainnya semakin detail dari tahun ke tahun,” kata Ronny seperti dikutip dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (22/4).

Matriks penilaian tahun ini terdiri dari sejumlah indikator. Utamanya terletak pada aspek penelitian sebesar 27 %. Indikator ini melihat bagaimana riset dan publikasi dari perguruan tinggi berkorelasi dengan 17 tujuan dari SDGs.



Ronny memaparkan, penilaian riset dinilai antara tahun 2014 hingga 2018. Hal ini dilakukan utnuk menilai performa konsistensi perguruan tinggi dalam melakukan riset dan publikasi terkait topik SDGs.

“Konsistensi dan kepedulian universitas terhadap SDGs point menjadi target penilaian,” tuturnya.

Selanjutnya, THE juga menilai data spesifik perguruan tinggi. Dua yang disorot adalah jumlah mahasiswa disabilitas (23%) dan jumlah mahasiswa dari negara berkembang (15,5%). Hal ini menunjukan bagaimana perguruan tinggi yang bersangkutan merealisasikan pendidikan inklusif seperti yang menjadi tujuan dalam SDGs.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)