Ornamen Header
Unpad Bertahan di 10 Besar Peringkat THE Impact Rankings di Indonesia
Unpad Bertahan di 10 Besar Peringkat THE Impact Rankings di Indonesia
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - The Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan THE Impact Rankings 2021 pada Rabu (21/4) lalu. Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali masuk ke dalam 10 besar peringkat nasional.

THE Impact Rankings merupakan penilaian atas kinerja perguruan tinggi dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Penilaian dilihat dari sejauh mana aktivitas tridarma perguruan tinggi memiliki relevansi dengan 17 tujuan yang ditetapkan dalam SDGs.

Baca juga: Peringkat ITS di THE Impact Rangking 2021 Melesat Tajam

Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny, dr. M. Kes., AIFO., PhD., menjelaskan, tahun ini, THE Impact Rankings menilai 1.115 perguruan tinggi dari 94 negara di dunia. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana penilaian dilakukan kepada 766 universitas dari 85 negara.



“Pemeringkatan SDGs penilainnya semakin detail dari tahun ke tahun,” kata Ronny seperti dikutip dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (22/4).

Matriks penilaian tahun ini terdiri dari sejumlah indikator. Utamanya terletak pada aspek penelitian sebesar 27 %. Indikator ini melihat bagaimana riset dan publikasi dari perguruan tinggi berkorelasi dengan 17 tujuan dari SDGs.

Baca juga: UGM Tembus 50 Besar Dunia untuk 7 SDGs Versi THE Impact Rankings 2021

Ronny memaparkan, penilaian riset dinilai antara tahun 2014 hingga 2018. Hal ini dilakukan utnuk menilai performa konsistensi perguruan tinggi dalam melakukan riset dan publikasi terkait topik SDGs.

“Konsistensi dan kepedulian universitas terhadap SDGs point menjadi target penilaian,” tuturnya.

Selanjutnya, THE juga menilai data spesifik perguruan tinggi. Dua yang disorot adalah jumlah mahasiswa disabilitas (23%) dan jumlah mahasiswa dari negara berkembang (15,5%). Hal ini menunjukan bagaimana perguruan tinggi yang bersangkutan merealisasikan pendidikan inklusif seperti yang menjadi tujuan dalam SDGs.



Terakhir, THE Impact Rankings menilai bagaimana komitmen perguruan tinggi dalam menerapkan SDGs melalui kebijakan yang dihasilkan.

Ronny mengakui, tahun ini peringkat Unpad pada THE Impact Rankings menurun dibanding 2020. Namun, secara poin, hasil nilai Unpad tetap stabil seperti 2020, yaitu berada di angka 76. Pada tahun lalu, angka 76 tersebut membawa Unpad masuk peringkat 101-200 dunia, sedangkan pada tahun ini, dengan angka yang sama, Unpad berada pada posisi 201-300.

“Secara angka, angka kita tidak turun, tetapi persaingan dan keketatan semakin tinggi. Selain itu, tahun ini jumlah yang dinilai lebih banyak dari tahun lalu,” kata Ronny.

Dari hasil pemeringkatan tersebut, Unpad memiliki poin besar pada 4 goals, antara lain zero hunger (70,2), responsible consumption and production (74,4), life on land (66,7), dan partnership for the goals (73,5-83,8).

“Ini menjadi kekuatan Unpad untuk bisa terus dieksplor sehingga capaiannya baik dari tahun ke tahun,” kata Ronny.

Dari empat poin tersebut, Unpad punya keunggulan spesifik pada bidang responsible consumption and production. Hal ini menempatkan Unpad masuk ke dalam lima besar perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki keunggulan di bidang tersebut.

Ronny menilai, Unpad memiliki perhatian khusus dalam penerapan kampus hijau (green campus). Poin ini diharapkan mampu menjadi kekuatan Unpad ke depan untuk menggalakkan penelitian dan kebijakan terkait penerapan goals SDGs nomor 12 atau responsible consumption and production.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!